Laporan dari New York

Pembukaan KTT Iklim Diramaikan Li Bingbing dan DiCaprio, Serukan Percepatan Aksi Nyata

- detikNews
Selasa, 23 Sep 2014 21:13 WIB
Li Bingbing dan DiCaprio (Andrew Burton/Getty Image)
New York - Satu hari menjelang sidang ke-69 Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), digelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Iklim (Climate Summit). KTT dibuka dengan pidato Sekjen PBB Ban Ki Moon. Pembukaan sidang juga diramaikan oleh aktris Li Bingbing dan aktor Leonardo DiCaprio. Semua pembicara menyerukan percepatan aksi kongkret dalam menghadapi perubahan iklim.

Pembukaan KTT Iklim digelar di General Assembly Hall, markas besar PBB, New York pukul 08.00 waktu setempat, Selasa (23/9/2014). Hadir dalam sidang ini para kepala negara/pemerintahan anggota PBB, termasuk Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pembukaan sidang diisi pidato dari 6 orang. Sidang diawali dengan pidato Sekjen PBB Ban Ki Moon, kemudian berturut-turut Bill de Blasio (Walikota New York), Rajendra Pachauri (Ketua IFCC), Al Gore (Chairman Generation Investment Management/Climate Reality Project), Li Bingbing (aktris, UN Environment Program Goodwill Ambassador), Leonardo diCaprio (aktor, UN Messenger of Peace), dan Kathy Jetnil-Kijiner (aktivis).

Dalam pidatonya, Ban Ki Moon mengingatkan bahwa pada 2015 diharapkan tercapai perjanjian global untuk membatasi peningkatan suhu dunia kurang dari 2 derajat. Karena itu Ban Ki Moon mendorong semua pihak, para kepala negara/pemerintahan, pihak swasta dan lembaga swadaya masyarakat untuk terus melakukan upaya agar target ini bisa tercapai.

"Saya sangat yakin bahwa setiap dari kita bisa bangkit dan bisa menjadi pemimpin-pemimpin dalam berjuang terhadap perubahan iklim," kata Ban Ki Moon.

Walikota New York Bill de Blasio mengaku sangat senang menjadi tuan rumah dalam KTT Iklim ini. Dia juga mengajak semua negara untuk bersama-sama serius dan mempercepat aksi dalam menghadapi perubahan iklim. Sebab, New York sudah mengalami angin topan yang mengakibatkan banyak korban berjatuhan.

"Kami sudah memulai dan kami berhasil menurunkan 19 persen peningkatan emisi gas buang," kata de Blasio yang mengklaim bahwa pihaknya memiliki komitmen yang sangat besar dalam upaya mengantisipasi perubahan-perubahan iklim. Selanjutnya de Blasio mengharapkan negara-negara maju untuk melakukan aksi-aksi besar terkait perubahan iklim ini.

Sementara Li Bingbing yang merupakan aktris dan penyanyi cantik asal Cina mengaku sangat peduli dengan perubahan iklim. Dia berharap KTT Iklim bisa menghasilkan keputusan besar dalam melakukan aksi-aksi terkait perubahan iklim. "Saya yakin KTT Iklim ini bisa berbuat banyak dalam upaya mengurangi emisi gas karbon. Bila ada kemauan, di situ pasti ada jalan," kata perempuan berusia 41 tahun yang juga menjadi duta besar WWF Earth Hour ini.

Leonardo DiCaprio juga memberikan semangat kepada semua pihak untuk melakukan aksi-aksi nyata. DiCaprio yang menjadi Duta Perdamaian PBB ini mengatakan saat ini saatnya untuk melakukan aksi nyata. "Anda semua bisa membuat sejarah," kata DiCaprio. Dia mencontohkan aksi penggunaan mobil hybrid yang ia lakukan juga menjadi bagian dari aksi nyata.

Pembukaan sidang KTT Iklim ditutup dengan pidato Kathy Jetnil-Kijiner. Selain dikenal sebagai aktivis, dia juga dikenal sebagai penyair, penulis, dan juga wartawan. Dia berasal dari Marshall Island. Selama ini, puisi-puisi yang ia ciptakan juga mendorong upaya-upaya untuk mengatasi perubahan iklim, termasuk naiknya permukaan air laut. Pada kesempatan ini, Kathy juga membacakan puisi ciptaannya dan mendapat tepuk tangan yang meriah dari para peserta sidang.

KTT Iklim akan membahas aksi dan solusi-solusi yang dititikberatkan pada percepatan kemajuan dalam berbagai bidang yang secara signifikan mempengaruhi pengurangan emisi dan penguatan ketahanan, seperti pertanian, perkotaan, energi, keuangan, hutan, polutan, dan transportasi. Presiden SBY juga menyampaikan pidato selama 4 menit dalam KTT Iklim ini.





(asy/fjp)