ADVERTISEMENT

KPU: Meski RUU Pilkada Diketok, Pilgub DKI Tetap Digelar Langsung

- detikNews
Senin, 15 Sep 2014 06:57 WIB
Foto: Gubernur dan Wakil Gubernur DKI (dok.detikcom)
Jakarta -

Rencana DPR mengesahkan RUU Pilkada yang salah satu poinnya mengubah sistem Pilkada dikembalikan ke DPRD, menuai penolakan dari berbagai kalangan termasuk kepala daerah di Jakarta. Ketua KPU DKI Sumarno mengingatkan khusus DKI Jakarta, meski RUU itu disahkan, pemilihan gubernur tetap digelar secara langsung tak melalui DPRD.

"DKI Jakarta memiliki Undang-undang Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemprov DKI Jakarta Sebagai Ibukota Negara Indonesia yang mengatur banyak kekhususan Jakarta, termasuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur secara langsung," kata ketua KPU DKI Sumarno dalam pesan singkat kepada detikcom, Senin (15/9/2014).

Sumarno menuturkan, dalam pasal 10 undang-undang tersebut disebutkan 'Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dipimpin oleh satu orang Gubernur dibantu oleh satu orang Wakil Gubernur yang dipilih secara langsung melalui pemilihan umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah'.

"Jadi seandainya RUU Pilkada akhirnya disahkan dengan regulasi pemilihan kepala daerah oleh DPRD, Gubernur DKI tetap dipilih langsung oleh warga DKI bukan oleh DPRD, kecuali UU 29/2007 juga ikut diubah," ucap Sumarno

Selain soal susunan pemerintahan, Undang-undang yang memuat 40 pasal tentang DKI itu juga mengatur tentang kewenangan dan urusan Pemprov, kerjasama, tata ruang dan kawasan khusus, serta lainnya. Undang-undang ini diteken Presiden SBY 30 Juli 2007.

(iqb/vid)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT