Laporan dari Tiongkok

5 Parpol Indonesia Kerja Sama dengan Partai Komunis Tiongkok

- detikNews
Jumat, 12 Sep 2014 13:37 WIB
Beijing - Partai NasDem menggelar pertemuan dengan Partai Komunis Tiongkok (PKT) atas inisiasi Kedutaan Tiongkok di Jakarta. Sebelum NasDem, rupanya sudah ada 5 parpol lain di Indonesia yang punya kerja sama baik dengan PKT yaitu Golkar, Gerindra, Demokrat, PDIP dan PPP.

"Kita sudah banyak jalin kerja sama di Indonesia, saya harap dengan NasDem juga bisa bekerja sama. Walau ini bukan kunjungan resmi dari partai, tapi sudah membuka lembaran baru untuk kerja sama ke depan,"‎ kata Deputy Director International Department of the Central Committee Communist Party of China, Zhang Xuyi.

Hal itu disampaikan Zhang dalam pertemuan dengan Surya Paloh dan petinggi Partai NasDem lain di kantornya, di Beijing, Tiongkok, Jumat (12/9/2014).

Zhang menerangkan, ada 5 partai politik yang sudah lebih dulu menjalin kerja sama yaitu ‎Golkar, Gerindra, Demokrat, PDIP dan PPP.‎ Menurutnya, PKT sangat menaruh perhatian besar dalam perkembangan politik di Indonesia, terutama pasca Pilpres yang memenangkan Jokowi-JK.

"Kami perhatikan pemilu di Indonesia dan kami tahu NasDem ikut pertama kali dan mencapai hasil luar biasa, kami ucapkan selamat," ujarnya.

"Kami sangat harapkan ke depannya bapak berkunjung melalui jalur politik partai. Kunjungan seperti ini akan membuka hubungan baik ke depannya," imbuhnya.

Sementara itu, Surya Paloh menerangkan, hubungan partai kedua negara yaitu Indonesia dan Tiongkok penting untuk‎ menopang kebijakan pemerintah, terlebih PKT adalah partai satu-satunya di Tiongkok yang memegang peranan di pemerintah.

‎"Mereka sebagai partai pengusa yang tentukan arah kebijakan pemerintah Tiongkok, mereka yakin dalam pemerintahan Jokowi-JK NasDem bisa memainkan peran untuk bisa tingkatkan komunikasi seperti yang mereka harapkan itu," ucap Surya Paloh.

(bal/rmd)