detikNews
Senin 08 September 2014, 15:31 WIB

Ini Biaya Naturalisasi untuk Menjadi Warga Negara Indonesia

- detikNews
Jakarta - Seorang warga negara asing (WNA) yang ingin menjadi warga negara Indonesia (WNI) harus melalui cara naturalisasi. Sebenarnya berapa biaya yang harus dikeluarkan bagi pemohon untuk dapat menyandang status kewarganegaraan sebagai WNI?

"Berdasarkan PP no 45 tahun 2014, biaya untuk naturalisasi sebesar Rp 50 juta," kata ‎Kasubdit Kewarganegaraan Kemenkum HAM, Agus Riyato dalam diskusi di Royal Kuningan Hotel, Jl HR Rasuna Sahid, Jakarta Selatan, Senin (8/9/2014).

Hal itu disampaikan Agus untuk menjawab pertanyaan dari seorang ibu yang menjadi peserta diskusi. ‎Ibu itu menanyakan anaknya yang kehilangan status WNI karena telah melewati status ABG (Anak Berkewarganegaraan Ganda) dan ingin menjadi WNI dengan cara naturalisasi.

Agus mengatakan, biaya yang dikenakan memang cukup mahal karena negara sengaja memperketat ketentuan untuk menjadi WNI. Selain itu, pemohon juga tidak perlu khawatir jika permohonannya ditolak maka biaya tidak perlu dibayarkan.

"Tapi ini kan dibuat sistem online, kalau ibu setuju silakan bayar, kalau tidak setuju tidak usah bayar. Karena belum tentu naturalisasi ini belum tentu disetujui‎, bisa ditolak. Sebaiknya, ini memang dalam rangka, memang untuk memperketat menjadi WNI ini, supaya jelas-jelas jangan menjadi beban negara‎. Artinya mempunyai penghasilan," jelas Agus.

Namun, biaya ABG yang akan menentukan statusnya sebagai WNI pada usia 18 tahun hanya dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 1 juta.

"Tapi kalau anak yang memilih WNI cukup Rp 1 juta‎," ucapnya.


(dha/spt)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com