DetikNews
Minggu 31 Agustus 2014, 13:07 WIB

Di Hadapan Kader PDIP, Jokowi Curhat Sempat Tak Yakin Menangkan Pilpres

- detikNews
Di Hadapan Kader PDIP, Jokowi Curhat Sempat Tak Yakin Menangkan Pilpres Jokowi di Jakarta Utara (Foto: Rini/detikcom)
Jakarta - Siang ini Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menghadiri halal bi halal dengan DPC PDIP wilayah Jakarta Utara. Dalam pidatonya, selain berterimakasih, Jokowi juga sempat curhat tentang dirinya yang sempat pesimis saat pilpres.

"Saya ucapkan terima kasih kepada DPD dan DPC, kalau bukan karena usaha Anda semua, kita tidak akan memenangkan pilpres ini. Saya tak bisa berikan apa-apa, haya ucapan terima kasih kepada Anda semua," jelasnya pada pidato sambutan di depan kader PDIP Jakut di GOR Jakut, Minggu (31/8/2014).

Dirinya berkisah mengenai perjalanannya saat menerima reaksi skeptis saat pemilihan gubernur yang saat itu disandingkan dengan Ahok. Minimnya pengalaman dan unsur etnis yang menjegal, sempat membuat mereka tidak pede untuk menang.

"Saya ingat pas pemilihan gubernur. Banyak yang tidak yakin Jokowi dan Basuki menang, tapi berkat dukungan Anda semua membuktikan, Jokowi Basuki dapat menjadi gubernur. Hal yang sama juga terjadi pada pileg," ungkapnya.

Lanjut Jokowi, hal yang sama juga terjadi pada pilpres lalu. Saat itu dirinya sempat pesimis akan menang karena hanya mendapatkan suara 34 persen di Jakarta.

Walaupun begitu, berkat kerjasama semua jajaran dan berani turun ke masyarakat bawah, kemenangan akhirnya menjadi milik mereka.

"Kemudian di pilpres, hasil kita itu Jokowi-Jk di DKI hanya 34 persen, kalah jauh kita. Namun kuncinya hanya satu, seluruh jajaran partai harus turun ke bawah. Akhirnya 10 hari sebelum hari H, saya bertemu pengurus DPD, dirumuskan cara-caranya turun ke bawah itu seperti apa. Dan hasilnya bisa kita lihat, kita menang di pilpres yang lalu. Dari 34 persen menjadi 54 persen," ucapnya diiringi tepuk tangan dari ratusan kader yang hadir siang ini.

Jokowi datang ke GOR Jakarta Utara, dengan pengawalan ketat Paspampres dari rumah dinasnya di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat. Jokowi yang hari ini tampak fresh dengan kemeja putih kebesarannya sampai di lokasi sekitar pukul 11.00 WIB.

Acara ini turut dihadiri oleh ketua DPD PDIP DKI, yang dicalonkan PDIP untuk menjadi Wagub pendamping Ahok, Boy Bernadi Sadikin.


(rni/sip)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed