DetikNews
Senin 25 Agustus 2014, 03:46 WIB

Ini Spesifikasi Moge Paspampres yang Kawal Perjalanan Jokowi

- detikNews
Ini Spesifikasi Moge Paspampres yang Kawal Perjalanan Jokowi Foto: Danu Damarjati/detikcom
Jakarta -

Bukan cuma iring-iringan mobil yang kini mengekor perjalanan presiden terpilih Joko Widodo. Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) juga mengawal pria Solo yang berpasangan bersama Jusuf Kalla itu dengan motor gede.

Meski serah terima pengawalan dari KPU dilakukan pada Jumat (22/8), Jokowi baru merasakan ketatnya pengawalan sejak Sabtu (23/8). Kini ada 7 mobil plus 2 moge yang setia mengawal langkah Jokowi beraktivitas.

Pengawalan cukup ketat ini juga terlihat saat Jokowi menghabiskan hari Minggu (24/8) mengikuti sejumlah agenda. Jokowi yang punya sejumlah agenda di hari itu mendapat kawalan. Pun dengan personel Paspampers dengan motor gede.

Empat anggota Paspampres bermotor ini mengendarai dua Yamaha FZ1 warna hitam. Dua motor bernomor polisi B 6537 RFD dan B 6542 RFD ini bersiap tancap gas mengawal Jokowi yang hendak meninggalkan Rumah Dinas Gubernur, Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (24/8)

"Ini motor Yamaha FZ1 1.000 CC. Beda dengan yang digunakan polisi, ‚Äékalau Yamaha yang berwarna putih yang digunakan polisi itu 1.500 CC," kata salah seorang dari personel Paspampres.

Mereka berboncengan mengendarai motor hitam ini, lengkap dengan atribut warna hitam berikut helm yang mereka kenakan. Personel yang membonceng menenteng senjata laras panjang.

"Kita jaga sisi kanan dan kiri mobil. Kita ada banyak, gantian, selama ditugaskan kita siap," imbuhnya.

Motor pengawal presiden ini mulai digunakan pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono, sekitar tahun 2010.

Motor konsep streetfighter yang merupakan versi naked dari Yamaha R1 ini memiliki tenaga dahsyat. Dengan pelintiran selongsong gasnya, mesin 998cc, liquid-cooled, 20 katup, DOHC, in-line four-cylinder-nya bisa menyemburkan daya hingga 150 bhp.

Motor pengawal ini juga digunakan saat gelaran KTT APEC di Nusa Dua, Bali tahun 2013.

Setelah Mahkamah Konstitusi menolak gugatan hasil Pilpres dan mengukuhkan Jokowi-JK sebagai presiden/wapres terpilih, Jokowi-JK dikawal Paspampres Grup D.

Rangkaian pengamanan yang akan dilekatkan pada Jokowi-JK yakni 7 mobil, motor, dan 37 personel Paspampres.

  • Ini Spesifikasi Moge Paspampres yang Kawal Perjalanan Jokowi
    Foto: Danu Damarjati/detikcom
  • Ini Spesifikasi Moge Paspampres yang Kawal Perjalanan Jokowi
    Foto: Danu Damarjati/detikcom
  • Ini Spesifikasi Moge Paspampres yang Kawal Perjalanan Jokowi
    Foto: Danu Damarjati/detikcom

(fdn/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed