Tantowi: Partai Demokrat Dipastikan Tetap di Koalisi Merah Putih

- detikNews
Kamis, 21 Agu 2014 22:34 WIB
Jakarta - Partai Demokrat (PD) tidak hadir dalam jumpa pers yang digelar di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, terkait putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Namun ditegaskan, Demokrat akan tetap berada di Koalisi Merah Putih.

Penegasan itu disampaikan oleh Juru Bicara Koalisi Merah Putih Tantowi Yahya dalam jumpa pers di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Kamis (21/8/2014) malam. Katanya, meski tidak hadir, Demokrat tetap berkomitmen untuk bersama dalam koalisi.

"Masalah kehadiran (Demokrat) itu tidak begitu penting, yang penting kan komitmen ya, tetap bersama-sama," kata Tantowi.

Menurut Tantowi, tetap bergabungnya Demokrat di Koalisi Merah Putih telah ditegaskan oleh Wakil Ketua Umum PD Nurhayati Ali Assegaf. Partai koalisi lainnya seperti Golkar, PKS, PAN, Gerindra, PPP, juga tetap bersama.

"Sikap Demokrat sampai sekarang, ya masih bersama kami. Artinya bahwa, Demokrat tetap bergabung dalam Koalisi Merah Putih. Paling tidak itu yang disampaikan paling akhir oleh Nurhayati Ali Assegaf tadi pagi," jelas Tantowi.

Kata Tantowi, langkah selanjutnya yang akan dilakukan Koalisi Merah Putih adalah merapikan barisan. Mereka akan menjadi penyeimbang mengawal pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla.

"Langkah selanjutnya kita (Koalisi Merah Putih) akan merapikan barisan untuk menjadi penyeimbang yang sehat, suportif, positif. Tidak menjadi oposisi yang destruktif sebagaimana yang dibayangkan banyak orang selama ini," tegas Tantowi.

Nama-nama yang hadir dalam jumpa pers di Hotel Grand Hyatt itu adalah Ali Mochtar Ngabalin (Partai Golkar), Idrus Marham (Sekjen Partai Golkar), Fahri Hamzah (Wasekjen PKS), Tantowi Yahya (Partai Golkar), Taufiq Ridlo (Sekjen PKS), Taufik Kurniawan (Sekjen PAN), Ahmad Muzani (Sekjen Gerindra), Romahurmuziy (Sekjen PPP), dan Fadli Zon (Wakil Ketua Umum Gerindra).

(bar/rmd)