Ada Pawai Budaya, Lalin Sekitar Monas akan Dialihkan Pukul 12.00 WIB

- detikNews
Senin, 18 Agu 2014 10:23 WIB
ilustrasi
Jakarta - Pawai Budaya dengan tema 'Indonesia Bersatu' akan digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-69 Kemerdekaan RI. Rencananya akan ada pengalihan arus di sekitar kawasan itu pada pukul 12.00 WIB.

"Untuk pengamanan pawai itu, Polantas akan mengerahkan 120 personel. Tapi ini baru Polantas saja, belum personel pengamanan yang lainnya," kata Kasat Lantas Jakarta Pusat AKBP Sakat kepada detikcom, Senin (18/8/2014).

Sakat mengatakan, rute pawai tersebut akan dimulai dari Monas, kemudian peserta pawai akan keluar dari pintu Monas di dekat kantor Pertamina. Peserta pawai ini kemudian berbelok ke Jalan Merdeka Utara dan melewati Istana Merdeka. Para peserta kemudian berbelok lagi ke arah Jalan Medan Merdeka Barat kemudian masuk ke Jalan Medan Merdeka Selatan.

"Mereka kemudian kembali masuk ke Monas," katanya.

Polisi telah mempersiapkan pengalihan arus saat pawai ini. Untuk kendaraan dari Harmoni arah ke HI akan dibelokan ke arah Jl Ir Juanda. Kemudian kendaraan dari Jalan Medan Merdeka Timur akan dibelokkan ke Jalan Perwira di depan Istiqlal.

Sebelumnya, Dirjen Ekonomi Kreatif Berbasiskan Seni dan Budaya Kemenparekraf Ahman Sya mengatakan, kegiatan tersebut akan dihadiri oleh putra-putri pariwisata dari 34 provinsi. Acara akan digelar di seputar kawasan Jl Medan Merdeka dan Istana, mulai pukul 14.00 WIB.

"Para peserta dari daerah tidak saja akan menampilkan mobil hias yang memperlihatkan sejumlah keunggulan lokal, tetapi juga memperlihatkan beragam bentuk kreativitas para seniman yang diwujudkan dalam bentuk tari, musik, dan tampilan menarik lainnya," kata Ahman.

Para peserta pawai budaya kreatif ini akan dinilai oleh dewan juri yang antara lain melibatkan penyanyi dan koreografer Denny Malik, untuk menentukan 10 penampil terbaik. Selanjutnya, bagi peserta yang lolos menjadi penampil terbaik akan memperoleh penghargaan khusus dari Menteri Parekraf.

Pada kesempatan yang sama Direktur Pengembangan Seni Pertunjukan dan Industri Musik Juju Masunah menambahkan, pawai budaya kreatif tahun ini akan dimulai dengan beberapa atraksi penampilan marching band, di antaranya dari Istiqlal dan Pupuk Kaltim kemudian diikuti parade mobil hias yang akan memperlihatkan uniknya keberagaman dan warna pembangunan di daerah.

"Tampilan ragam seni pertunjukan juga akan diwarnai dengan atraksi Reog Ponorogo yang dimainkan 400 seniman lokal Jawa Timur," kata Juju.

Selain itu, masing-masing daerah juga telah menyiapkan bentuk-bentuk seni pertunjukan istimewa di depan tribun kehormatan, tempat Presiden dan Ibu Negara serta jajaran pejabat tinggi lainnya akan menyaksikan pentas seni pertunjukan itu selama 2,5 jam.

(nal/try)