Teroris Riyanto Jaringan Abu Roban Terlibat Kegiatan Fa'i

- detikNews
Selasa, 12 Agu 2014 15:04 WIB
Jakarta - Tim Densus 88 Polri menangkap Riyanto (34) alias Jono alias Jon alias Adam di Surakarta, Jateng atas keterlibatan dalam tindak pidana teroris. Anggota Mujahidin Indonesia Barat (MIB) itu terlibat dalam sejumlah kegiatan fa'i.

"Keterlibatan yang bersangkutan di antaranya melakukan perampokan dalam rangka kegiatan fa'i," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Ronny F Somfie, kepada detikcom, Selasa (12/8/2014).

Ronny menyebut, Riyanto pernah melakukan kegiatan perampokan di kantor pos Parung, Bogor pada tahun 2014 dengan kerugian Rp80 juta. Riyanto juga disebut pernah merampok di BRI Jekerto, Grobogan, dengan total kerugian mencapai Rp 300 juta.

Riyanto tercatat sebagai warga Dukuhan RT 004/015 Kelurahan Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jateng. Pedagang bakso dan cilok ini ditangkap tim Densus 88 Polri di depan toko bangunan di Jl Gotong Royong, Kampung Sewu, Surakarta, Jateng pada Senin (11/8) pukul 13.00 WIB.

Ronny mengatakan, Riyanto merupakan DPO Polri atas keterlibatannya dalam kasus tindak pidana terorisme. Ronny menyebut, Riyanto adalah jaringan Mujahidin Indonesia Barat (MIB) pimpinan Abu Roban.

(mei/mpr)