DKPP Libur, Tim Hukum Prabowo-Hatta Batal Laporkan KPU

- detikNews
Jumat, 01 Agu 2014 12:52 WIB
Jakarta -

Kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa melalui tim advokasi Merah Putih menyambangi kantor Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pagi ini. Mereka berniat melaporkan Komisi Pemilihan Umum atas tindakan pelanggaran.

Anggota tim advokasi Merah Putih Didiek Supriyanto datang ke kantor DKPP yang satu tempat dengan Gedung Bawaslu, di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (1/8/2014) pukul 10.57 WIB. Ia datang didampingi timnya Muhammad Taufik dan Sahroni.

Sayang, niat mereka untuk melapor harus ditunda dikarenakan petugas gedung menyampaikan bahwa DKPP masih libur. Rombongan tim advokasi Merah Putih lalu berjalan menuju Media Center untuk mengadakan jumpa pers bersama puluhan awak media.

"Hari ini rencananya kita akan melaporkan ke DKPP terkait tindakan KPU. Ternyata DKPP masih libur, sehingga kami akan kembali pada Senin (4/8) nanti untuk membuat laporan," kata Didik.

Didik mengutarkan, bahwa KPU Pusat melakukan kesalahan karena telah memerintahkan KPU di berbagai daerah membuka kotak suara. Menurutnya hal itu merupakan pelanggaran.

"Kami temukan ada pelanggaran pada surat edaran No 1446. Ternyata juga kami temukan lagi ada surat No 1449 tanggal 25 Juli. 2 surat ini sangat janggal. Perintah dari KPU RI itu sudah dilaksanakan oleh beberapa KPU di daerah yang pelaksanaanya pun tidak memenuhi syarat," imbuh Didik.

"Ada yang dilaksanakan tanpa kehadiran pengawas pemilu. Dan ada yang tanpa mengundang saksi dari pasangan no 1 dan nomor urut 2," pungkasnya.

(bar/spt)