Revolusi Mental dan 8 Janji Jokowi-JK

- detikNews
Rabu, 23 Jul 2014 12:35 WIB
Revolusi Mental dan 8 Janji Jokowi-JK

Jokowi menegaskan komitmennya untuk membangun pendidikan. Sektor pendidikan akan menjadi kunci penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Jubir Tim Jokowi-JK, Anies Baswedan, mengatakan bahwa kunci peningkatan kualitas manusia yang digagas oleh Jokowi ada pada sektor pendidikan, salah satunya dengan Kartu Indonesia Pintar.

"Coba kita lihat universitas sekarang. Hari ini hanya sekitar 300 ribu mahasiswa yang dapat beasiswa. Padahal jumlahnya ada 4 juta lebih," kata Anies dalam siaran pers yang diterima detikcom, Jumat (4/7/2014). Anies menyampaikan hal ini dalam dialog di Islamic Center Ciamis, Jawa Barat.

Menurutnya pemberian akses pendidikan tinggi melalui beasiswa harus ditingkatkan. "Kalau masyarakat terdidik insya Allah masa depan kita cerah,"  ujar mantan Ketua Komite Etik KPK ini.

Anies juga menambahkan bahwa ada elemen pendidikan yang penting namun kerap dilupakan masyarakat.

"Pendidikan yang terpenting adalah pendidikan di rumah," tegas Anies. Ia mengatakan bahwa di situlah Jokowi dengan Revolusi Mental-nya berusaha membuat perubahan dari level yang paling penting.