Detik-detik Wafatnya Nanang Ma'soem Setelah Roboh di Pangkuan Jokowi

- detikNews
Kamis, 03 Jul 2014 12:40 WIB
Bandung - Nanang Iskandar Ma'soem tutup usia. Kepergian mendadak salah satu sesepuh atau tokoh Jawa Barat mengejutkan keluarga dan kerabat. Direktur Utama PT Ma'soem tersebut dipanggil Sang Khalik. Nanang tidak sadarkan diri dan tubuhnya sempat tumbang di pangkuan capres Joko Widodo (Jokowi) yang hadir di Pondok Pesantren Al Ma'soem.

Semalam, Rabu (2/7/2014), Nanang dan Jokowi hadir di aula Pondok Pesantren Al Ma'soem, Jalan Raya Cipacing No.22, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sejumlah saksi menyaksikan detik-detik Nanang sebelum tak sadarkan diri dan dinyatakan meninggal. Dua orang terdekat Nanang yaitu Evan Agustianto dan Asep Dedi berkisah kepada detikcom.

Evan dan Asep kebetulan satu podium dengan Nanang serta Jokowi. Evan selama ini menjabat salah satu direksi PT Ma'soem. Asep dipercaya sebagai Kepala Humas PT Ma'soem.

Berikut kronologi seperti dituturkan Evan dan Asep:

Rabu 2 Juli 2014

- Pukul 20.30 WIB
Selesai acara tarawih di Pondok Pesantren Al Ma'soem.

-Pukul 21.00 WIB
Capres Jokowi tiba di lokasi dan langsung menuju aula Pondok Pesantren Al Ma'soem. Kedatangan Jokowi disambut Nanang Ma'soem.

- Pukul 21.10 WIB
Jokowi memanggil Nanang dengan sebutan 'Kyai Nanang'. Jokowi meminta Nanang yang pertama memberikan sambutan. Di atas podium itu ada sekitar delapan hingga 10 orang.

Melalui pengeras suara, Nanang memberikan sambutan singkat. Waktu itu Nanang dan Jokowi serta orang yang berada di podium berdiri. Nanang hanya mengucapkan salam pembuka kepada hadirin. Lalu berteriak 'Salam dua jari'.

Tiba-tiba saat dipersilakan duduk, tubuh Nanang lemas dan tak sadarkan diri. Tubuh Nanang roboh, lalu refleks disambut Jokowi yang berada berdekatan di samping kanan. Nanang sempat direbahkan di pangkuan Jokowi.

-Pukul 21.15 WIB
Nanang sempat dibawa ke ruangan di arean pondok pesantren. Bantuan oksigen diberikan kepada Nanang. Lantaran kondisinya mengkhawatirkan, Nanang segera diboyong ke RS Al Islam di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung.

-21.40 WIB
Nanang tiba di UGD RS Al Islam. Dokter menyebut Nanang sudah meninggal. Keluarga mengatakan Nanang meninggal karena serangan jantung. Selama ini Nanang punya riwayat penyakit jantung.

(bbn/mad)