detikNews
Selasa 03 Juni 2014, 19:29 WIB

Penyerangan Rumah dan Gereja di Yogya, Prabowo: Hukum Harus Ditegakkan

- detikNews
Penyerangan Rumah dan Gereja di Yogya, Prabowo: Hukum Harus Ditegakkan
Jakarta - Rumah dan gereja diserang oknum tak bertanggung jawab di Yogyakarta. Capres Prabowo Subianto menanggapi hal tersebut dengan meminta hukum harus ditegakkan.

"Kita dengan tegas hukum harus ditegakkan. Apalagi yang menyerang suku atau agama lain," jelas Prabowo di Hotel Four Season, Kuningan, Selasa (3/6/2014).

Seperti diberitakan, Kamis malam (29/5/2014) lalu, sekelompok orang menyerang rumah Direktur Galang Press, Julius Felicianus di Perumahan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara Nomor B7, Dusun Tanjungsari, Desa Sukoharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman.

Saat penyerangan, rumah tersebut sedang dipakai belasan umat Katolik untuk doa bersama dan latihan paduan suara. Para penyerang merusak rumah dan melukai sejumlah orang termasuk wartawan Kompas TV, Michael Aryawan, yang sedang meliput kejadian itu. Kameranya dirampas oleh penyerang.

Anak dari pemilik rumah, Hendrikus Subandono Wisnu Jatmiko (22) menceritakan, saat kegiatan keagamaan sedang berlangusng, tiba-tiba datang sekelompok orang dengan menggunakan kendaraan bermotor. Mereka kemudian melakukan penyerangan terhadap peserta kegiatan. "Ada 4 orang mengalami luka di antaranya seorang wartawan yang kameranya dirampas. Sementara pemilik rumah, ayah saya, Julius mengalami luka parah di bagian kepala dan saat ini masih di rawat di RS," kata Hendrikus ditemui dirumahnya.

Menurutnya, pelaku penyerangan berjumlah sekitar 8 orang. Kondisi rumah terlihat masih berserakan, kaca-kaca jendela yang pecah masih dibiarkan, pot-pot juga dibiarkan berserakan. Di teras rumah, warga dan aparat masih berkumpul.



  • Penyerangan Rumah dan Gereja di Yogya, Prabowo: Hukum Harus Ditegakkan
  • Penyerangan Rumah dan Gereja di Yogya, Prabowo: Hukum Harus Ditegakkan

(spt/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com