Istana Benarkan Pertemuan SBY dengan PM Abbott di Batam 4 Juni Nanti

- detikNews
Selasa, 03 Jun 2014 07:42 WIB
SBY-Abbot September 2013 lalu
Jakarta - Pihak Istana membenarkan adanya pertemuan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Perdana Menteri Australia, Tony Abbott. Pertemuan itu dilakukan pasca batalnya kunjungan Abbott ke acara Open Goverment Partnership yang diadakan di Bali, beberapa waktu lalu.

"Beliau akan menerima PM Abbott di Batam," ujar staf khusus presiden bidang hubungan internasional, Teuku Faizasyah, saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (3/6/2014).

Faizasyah mengatakan, SBY berkunjung ke Batam untuk menghadiri acara MTQ. Di sela-sela kunjungan SBY ke Batam, akan diisi pertemuan dengan PM Abbott.

"Pertemuan lebih sebagai wujud sambutan baik Bapak Presiden atas keinginan PM Abbott berkunjung ke Indonesia," ujarnya.

Faizasyah mengatakan, belum ada penjelasan yang pasti tentang apa yang akan dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Jika pertemuan itu terwujud maka ini adalah pertemuan pertama kali antara SBY dan Abbott pasca memanasnya hubungan Indonesia Australia.

Hubungan kedua negara sempat memanas karena adanya isu penyadapan. Selain itu, hubungan juga memanas karena kebijakan Australia yang membuang kapal pencari suaka ke perairan di Indonesia.




(rvk/rni)