DetikNews
Senin 02 Juni 2014, 15:29 WIB

Surat Palsu Jokowi

Ketua Organisasi Sayap Tidar Dilaporkan ke Polisi, Ini Kata Gerindra

- detikNews
Ketua Organisasi Sayap Tidar Dilaporkan ke Polisi, Ini Kata Gerindra
Jakarta - Ketua Tunas Indonesia Raya (Tidar) Jakarta Selatan, Edgar Jonathan, dilaporkan ke polisi terkait dugaan pemalsuan surat dari Jokowi ke Kejagung. Partai Gerindra pun akan melakukan pengecekan mendalam terkait tudingan ini.

"Nanti kita akan lihat secara hukum. Kalau mereka punya bukti ya kita proses saja. Tapi kalau tidak ya kita akan tuntut balik," kata Waketum Gerindra Fadli Zon, kepada detikcom, Senin (2/6/2014).

Fadli sendiri menegaskan partainya tak pernah memerintahkan black campaign tersebut. "Kita tidak seperti itu. Kita juga nggak tahu surat itu asli atau nggak. Saya akan tanyakan langsung," kata Fadli.

Namun dia berharap kasus TransJakarta karatan diselesaikan. "Kasus TransJakarta itu kalau mau periksa yan periksa saja, supaya tahu benar atau tidak. Itu dibuktikan saja," katanya.

Disaat Kejaksaan Agung (Kejagung) tengah menyidik kasus dugaan korupsi bus TransJakarta karatan di Dishub Pemprov DKI, tiba-tiba muncul surat palsu yang seolah-oleh dibuat dan dikirimkan oleh capres Jokowi ke Jaksa Agung agar menunda pemeriksaan dirinya dalam kasus tersebut.

Atas adanya pemalsuan surat ini, tim kuasa hukum Jokowi-JK melaporkan si pembuat dan penyebar surat itu ke Mabes Polri. Pelaku dilaporkan atas dugaan tindak pidana pasal 263 ayat (1) dan (2) KUHP, Pasal 310 jo 311 KUHP, Pasal 27 jo. Pasal 36 jo. Pasal 45 jo. Pasal 51 Undang-Undang No. 11 Tahun 2008.

"Dugaan tindak pidana penghinaan dan pencemaran nama baik dengan media sosial, media cetak dan atau elektronik," kata salah satu kuasa hukum Jokowi, Trimedya Panjaitan, dalam rilis yang diterima detikcom, Senin (2/6/2014)

Laporan dibuat hari ini dengan no Laporan Polisi No. : TBL/293/VI/2014/Bareskrim. Tim kuasa hukum yang terdiri dari Trimedya Panjaitan, Junimart Girsang, Alexander Lay, dan Sirra Prayuna melaporkan Ketua organisasi Tidar Jakarta Selatan Edgar Jonathan S sebagai pelakunya.



  • Ketua Organisasi Sayap Tidar Dilaporkan ke Polisi, Ini Kata Gerindra
  • Ketua Organisasi Sayap Tidar Dilaporkan ke Polisi, Ini Kata Gerindra

(van/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed