DetikNews
Sabtu 31 Mei 2014, 09:21 WIB

Tiada Hari Tanpa Deklarasi Dukungan, Siapa Capres yang Bakal Juara?

- detikNews
Tiada Hari Tanpa Deklarasi Dukungan, Siapa Capres yang Bakal Juara?
Jakarta -

Sebelum capres dan cawapres mendeklarasikan diri, publik selalu bertanya-tanya siapa yang bakal menjadi pilihan mereka di Pilpres 2014. Kini, usai capres dan cawapres mendeklarasikan diri, banjir deklarasi dukungan menjadi aktivitas politik yang rutin dilakukan.

Capres dari koalisi Partai Gerindra, yakni Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, telah menerima banjir deklarasi dukungan. Beragam elemen masyarakat, mulai dari artis hingga tukang sayur menyatakan sikap politiknya. Berikut di antaranya.

Sekitar 100 relawan yang tergabung dalam Tim Perempuan Nusantara yang terdiri dari ibu rumah tangga, kalangan profesional, dan aktivis mendeklarasikan dukungannya untuk Prabowo-Hatta di Rumah Polonia, Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Jumat (30/5).

Relawan Geber Prabowo, singkatan dari Gerakan Bersama Prabowo, juga mendeklarasikan diri pada hari ini. Mereka mengklaim terdiri dari gabungan aktivis mahasiswa '98, aktivis pergerakan buruh, dan tani.

Ada pula ratusan mantan atlet dari 18 cabang olahraga mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan bakal capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Acara deklarasi berlangsung di Hall VIP Barat, Gelora Bung Karno, Senayan, Jumat (30/5/2014). Beberapa mantan atlet yang hadir adalah Yayuk Basuki, Moreno Suprapto, dan Donny Kusuma.

Ada juga deklarasi kelompok yang menamakan Singgasana Prabowo, serta Komunitas Artis Figuran Indonesia, hingga Ormas Betawi Merah Putih. Sebelumnya juga dideklarasikan Gerakan Pemuda (GEMA) untuk Prabowo-Hatta yang berisikan Ahmad Dhani, Mulan Jameela, dan sejumlah artis lainnya.

Di sisi lain, yakni di kubu capres koalisi PDIP Joko Widodo dan Jusuf Kalla, juga meraup sejumlah dukungan dari berbagai kalangan. GEMA (Gerakan Masyarakat) Joko Widodo for President 7 (JKW4P7) salah satunya. Mereka mendeklarasikan dukungannya lewat aksi bagi-bagi bunga dan stiker ke pengguna jalan depat Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat, Jumat (30/5) hari ini.

Di Bali, deklarasi untuk mendukung Jokowi juga diselenggarakan. Ada seribuan relawan yang menunggu Jokowi selama lebih dari 6 jam sebelum akhirnya Jokowi tiba di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali, Kamis (29/5) kemarin.

Masih pada hari yang sama, Jokowi juga menghadiri deklarasi relawan di Bandung, Jawa Barat. Deklarasi itu bertajuk Galang Kemenangan Forum Besar (GK Forbes) Pendukung Jokowi di Gedung Graha Bhayangkari Bandung.

Bahkan, dukungan dari Mesir juga mengalir untuk Jokowi-JK. Kali ini JK-lah yang menyambut mereka lewat teleconference, pada Rabu (28/5) kemarin. JK berkomunikasi jarak jauh dengan pendukung dari Mesir setelah menerima deklarasi dukungan dari Purnawirawan TNI dan Polri.

Sebanyak 21 purnawirawan TNI berkumpul di sebuah posko pemenangan Jokowi-JK di Jalan Jenggala, Jakarta Selatan. Beberapa di antaranya adalah mantan KSAL Marsekal (Purn) Sondakh dan mantan Wakil KSAD Letjen (Purn) Sumarsono.

Mereka mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi-JK di Posko Pemenangan, Jl Jenggala II No 6b, Kebayoran Baru, Jaksel pada sekitar pukul 19.00 WIB, Rabu (28/5).

Dan yang terbaru, Jokowi juga kedapatan dukungan dari selebritis, seperti Siti Badriah, Wali, Tika Ramlan, dan Delon. Mereka ini mendukung Jokowi jadi Presiden Anti Pembajakan.

Terlepas dari perkara keotentikan dukungan kelompok masyarakat itu, yang tentu saja bisa diulas tanpa batas, Pilpres 2014 bakal berlangsung seru. Bahkan survei internal koalisi Gerindra mengklaim jarak elektabitas kedua capres sudah semakin tipis, yakni 3,44%, meski Jokowi masih di atas. Namun Survei LSI pimpinan Denny JA menyatakan ada selisih 10 % lebih antara Jokowi yang nomor satu dan Prabowo di urutan ke dua.

Lalu siapa yang bakal menjuarai Pilpres 2014? Prabowo atau Jokowi? Jokowi atau Prabowo? Yang jelas, melihat fenomena banjir dukungan yang didapat oleh Prabowo dan Jokowi, semoga saja Pilpres dan peristiwa penyertanya akan aman terkendali.


(dnu/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed