DetikNews
Jumat 30 Mei 2014, 13:07 WIB

Sama-sama Didukung Artis, Jokowi atau Prabowo yang Ikuti Jejak Obama?

- detikNews
Sama-sama Didukung Artis, Jokowi atau Prabowo yang Ikuti Jejak Obama?
Jakarta - Dalam perjalanan politik menuju kursi Presiden Amerika Serikat (AS), Barrack Obama mendapat dukungan dari para selebritis di negaranya. Fenomena dukungan artis ini juga muncul di Pilpres 2014 Indonesia.

Capres PDIP Joko Widodo dan capres Partai Gerindra Prabowo Subianto kini bersaing seru, termasuk dalam hal perolehan dukungan dari artis. Kedua capres ini sama-sama mengantongi dukungan dari kalangan para pesohor, layaknya Obama di Pemilu AS 2008.

Prabowo telah mengantongi dukungan dari artis barisan Ahmad Dhani, Mulan Jameela, Anang Hermansyah, dan Ashanti, Rachel Maryam, dan Jaja Miharja. Mereka ini hadir dalam deklarasi Gerakan Pemuda (GEMA) untuk Prabowo-Hatta. Selain mereka, ada pula Rhoma Irama yang sebelumnya pernah dikunjungi Prabowo langsung ke rumahnya.

Setali tiga uang, Jokowi juga didukung barisan pesohor. Sebut saja nama-nama kondang seperti Dorce Gamalama, kelompok musik Slank, Wali, Tika Ramlan, Delon, dan Siti Badriah. Slank bahkan menyampaikan amanat Revolusi Cinta untuk Jokowi. Slank juga menyampaikan usulan 46 menteri untuk Jokowi. Jokowi bahkan didapuk menjadi Presiden Anti Pembajakan.

Berkaca dari fenomena dukungan artis terhadap pencapresan Obama di AS, ternyata kemenangan Obama di Pemilu 2008 berbanding lurus dengan raupan dukungan dari artis yang dia dapat. Jika dibanding rivalnya, yakni capres John McCain, artis di belakang Obama terkesan lebih 'meriah'.

McCain mendapat dukungan dari dua bintang film laga, Sylvester Stallone dan Arnold Schwarzenegger. Di sudut yang lain, para artis mendukung Obama seperti Angelina Jolie, Scarlett Johansson, Oprah Winfrey, George Clooney, Eddy Murphy, Cindy Crawford, dan Jennifer Aniston.

Barisan musisi pendukung Obama antara lain adalah Black Eyed Peas, Grateful Dead, OK GO, hingga band grunge Pearl Jam.

Lalu akankah fenomena di AS simetris dengan fenomena di Indonesia? Apakah capres yang didukung lebih banyak artis bakal memenangi kontestasi 9 Juli 2014 nanti?



  • Sama-sama Didukung Artis, Jokowi atau Prabowo yang Ikuti Jejak Obama?
  • Sama-sama Didukung Artis, Jokowi atau Prabowo yang Ikuti Jejak Obama?

(dnu/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed