DetikNews
2014/05/02 13:54:07 WIB

Infografis

Batu Akik di Tanah Kosong Cilandak, Berharga Atau Tidak?

- detikNews
Halaman 1 dari 8
Batu Akik di Tanah Kosong Cilandak, Berharga Atau Tidak?
Jakarta - Ratusan orang dari berbagai daerah di sekitar Jakarta berbondong-bondong mendatangi sebuah tanah kosong yang terletak di Jl Bango Raya, Cilandak, Jakarta Selatan. Mereka membawa palu dan godam untuk memecah batu yang dianggap berharga. Tapi, apakah batu itu benar-benar memiliki nilai?

Sejak sebulan lalu, upaya pencarian ini sudah dimulai. Awalnya dari isu mulut ke mulut tentang adanya batu giok bernilai jutaan rupiah yang berada di tanah kosong. Hingga kemudian akhirnya batu akik yang ditemukan para pencari.

Sejumlah orang sudah berkomentar soal fenomena batu tersebut. Ada warga yang percaya batu itu bernilai, polisi yang menyebut itu hanya batu taman biasa, hingga pakar geologi yang menganggap batu itu ada nilainya, namun tak bisa dieksploitasi seenaknya.

Kenapa batu itu tak boleh digali semena-mena? Sebab, kepemilikannya masih atas nama pribadi, bukan tanah kosong tanpa pemilik. Lalu, ada potensi kerusakan lingkungan, bila fenomena ini terus dibiarkan.

Apa saja komentar pihak-pihak terkait tentang batu tersebut? Berikut pendapat mereka dalam infografis dan multiple page:



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed