Mengapa Jabatan Kasat Lantas Jadi Rebutan Perwira Polisi? Ini Jawaban Wakapolri

- detikNews
Jumat, 02 Mei 2014 06:34 WIB
Jakarta - Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti menelurkan gebrakan dalam aturan di internal kepolisian. Badrodin melarang Kapolres dan istrinya mendapatkan ajudan, tak hanya itu saja, jabatan Kasat Lantas yang disebutnya banyak diperebutkan perwira pertama polisi juga dia atur. Badrodin punya alasan soal keputusannya itu, termasuk soal jabatan Kasatlantas. Apa?

"Selama ini banyak perwira pertama Polri inginnya jadi Kasat Lantas (Kepala Satuan Lalu Lintas-red)," kata Badrodin kepada detikcom, Jumat (2/5/2014).

"Yang bagus-bagus selalu ditempatkan sebagai Kasat Lantas," tambah dia.

Kini Badrodin mengubah aturan itu. Dia ingin perwira pertama polisi jebolan Akpol dekat dengan masyarakat. Jabatan Kasat Lantas pun tak otomatis di tangan lulusan terbaik.

Guna menguji kinerja personel tersebut sebelum menjadi Kasat Lantas, jelas Badrodin, perwira tersebut ditempatkan sebagai Kasat Binmas (Pembinaan Masyarakat) atau Kasat Sabhara. Dua satuan ini yang dinilai bersinggungan langsung dengan masyarakat. Apabila dalam kepemimpinannya perwira tersebut dinilai berhasil, maka barulah dia diberikan kursi di Satlantas.

"Dengan pola ini, diharapkan upaya pencegahan dan penangkalan gangguan Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) lebih diutamakan. Dan kita ingin tahu inovasi apa yang mereka perbuat untuk menunjukkan keberhasilannya," papar Badrodin.



(ahy/ndr)