Duh! Ketua KY Usulkan Gaji Hakim Agung Rp 500 Juta per Bulan

- detikNews
Sabtu, 05 Apr 2014 14:09 WIB
Suparman Marzuki (ari/detikcom)
Jakarta - Hakim agung saat ini berpenghasilan sekitar Rp 30 juta per bulan. Sementara itu bawahannya, hakim tinggi justru mendapat penghasilan lebih besar yaitu sekitar Rp 40 juta per bulan.

"Gaji hakim agung saya dengar akan naik. Tapi tidak tahu apakah tahun ini atau kapan. Saya mengusulkan Rp 200 juta, kalau Pak Ketua KY Rp 500 juta," kata komisioner KY Bidang Rekrutmen Hakim Taufiqurrohman Syahuri, usai pembukaan seleksi calon hakim tahap II, di Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (5/4/2014).

Ketua KY Suparman Marzuki tidak membantah pernyataan Taufiq. Menurutnya, Rp 500 juta layak diberikan mengingat banyaknya tanggung jawab yang diemban seorang hakim agung.

"Singapura dengan beban kerja hakim tidak seperi kita, gajinya mencapai Rp 450 juta. Kita hanya Rp 30 juta. Padahal beban berkaranya begitu berat," ujar Suparman.

Menurut Suparman, kini tinggal menunggu keseriusan pemerintah terkait peningkatan kesejahteraan hakim agung ini. Ia khawatir jika gaji yang diberikan tidak mencukupi khawatir para hakim agung tersebut akan rentan tergoda suap.




(rna/asp)