Laporan dari Oslo

Dubes Yuwono Serahkan Surat-surat Kepercayaan

- detikNews
Jumat, 07 Mar 2014 20:20 WIB
Dubes dijemput Kastaf Militer Istana Norwegia
Oslo - Duta Besar RI untuk Norwegia Yuwono A. Putranto telah menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Kepala Negara Norwegia Raja Harald V, bertempat di Istana Kerajaan Norwegia

Upacara penyerahan surat-surat kepercayaan itu berlangsung di Istana Kerajaan Norwegia, Kamis (6/3/2014), tepat pukul 11.00 waktu setempat.

Sebelumnya, Dubes Yuwono sesuai tradisi dan protokoler Norwegia dijemput oleh Kepala Staf Militer Istana Kerajaan di Wisma Duta dengan mengendarai mobil Kerajaan.

Menurut tradisi Norwegia pula, penyerahan surat-surat kepercayaan tidak didampingi oleh spouse (istri/suami) Dubes maupun staf perwakilan.

Seluruh prosesi penyerahan surat-surat kepercayaan berlangsung dengan khidmat, dilanjutkan audiensi Dubes dengan Raja Harald V.

Pada kesempatan tersebut Dubes menyampaikan salam hangat dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan rakyat Indonesia kepada Raja Harald V dan rakyat Norwegia.

Raja Harald V menyambut baik penugasan Dubes RI baru di Norwegia, dan menyampaikan salam hangat kembali kepada Presiden RI dan rakyat Indonesia.

Raja Harald V menekankan meskipun letak geografis Norwegia dan Indonesia berjauhan, namun tidak menghalangi kedua negara untuk terus meningkatkan kerjasama di berbagai bidang.

Raja Harald menyampaikan rasa senangnya mendengarkan penjelasan Dubes mengenai perkembangan terkini Indonesia yang demokratis dan hubungan Indonesia-Norwegia yang semakin menguat.

Raja Harald V mengharapkan selama penugasan Dubes RI di Norwegia, hubungan kedua negara akan semakin kokoh.

Selain Dubes RI, Raja Harald V pada hari sama juga menerima tiga Dubes lainnya, yaitu Dubes Turki, Mongolia, dan Uganda. Dubes RI merupakan yang pertama diterima oleh Raja Harald V.

Segera seusai prosesi penyerahan surat-surat kepercayaan, langsung diadakan resepsi Vin d'honneur bertempat di Government Guest House, yang terletak di belakang Istana, berdampingan dengan kediaman resmi Perdana Menteri Norwegia, dengan tuan rumah Kepala Protokol Negara.

Resepsi diadakan untuk menyambut secara resmi dimulainya penugasan empat Dubes baru tersebut dan pada resepsi ini masing-masing spouse dari para Dubes boleh mendampingi.

Resepsi Vin d'honneur dihadiri oleh pejabat-pejabat senior Kemlu dan Istana Kerajaan Norwegia. Dubes RI Yuwono didampingi oleh istri dan counsellor Protkons KBRI Oslo.




(es/es)