DetikNews
Kamis 27 Februari 2014, 17:16 WIB

Hari ke-500 Jokowi

Diajak Blusukan Sama Jokowi, Ahok: Capek Tapi Efektif

- detikNews
Diajak Blusukan Sama Jokowi, Ahok: Capek Tapi Efektif
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengajak wakilnya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) blusukan ke kampung deret dan pasar. Apa kesan Ahok saat blusukan pertama kalinya ini bersama Jokowi?

"Capek. Macet di mana-mana," kata Ahok saat tiba di Balaikota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2014).

Ahok mengatakan, kegiatan blusukan ini penting dan efektif, terutama untuk menyelaraskan antara pekerjaan di lapangan dengan yang di bagian kantor. Selain itu blusukan juga bisa mengawasi kinerja dinas yang ada di lapangan.

"Ya efektif sih, penting untuk mengawasi kerja dinas. Membuat sistem, entar kalau sistemnya sudah jalan enggak perlu blusukan lagi," kata Ahok.

Untuk pertama kalinya Ahok diajak blusukan oleh Jokowi ke beberapa titik. Keduanya berada dalam satu mobil Toyota Hiace warna putih.

Di titik pertama, Jokowi-Ahok meninjau pemukiman di bantaran Kali Jodo, yang kerap dikenal sebagai lokasi 'warung remang-remang'. Rencananya, Pemprov DKI akan membersihkan kawasan tersebut sembari menunggu persiapan rusun untuk relokasi warganya.

Selanjutnya, Jokowi dan Ahok blusukan ke Kampung Deret Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di sana Jokowi-Ahok yang tampak kompak mengenakan kemeja batik warna cokelat itu sempat masuk langsung ke dalam sebuah rumah yang sedang dibangun.

"Kaya town house ya," kata Ahok.

Dari Kampung Deret, Jokowi dan Ahok bertolak ke Pasar Ciplak, Jatinegara, Jakarta Timur. Di sana Jokowi meresmikan pasar yang baru saja dibangun itu kemudian keduanya berkeliling pasar. Namun, mereka berpencar. Ahok berkeliling di lorong yang menjual pakaian, sedangkan Jokowi berkeliling ke lorong sembako, ikan dan daging.

Tak hanya Pasar Ciplak, keduanya juga meresmikan Pasar Cijantung yang juga baru selesai dibangun. Kegiatannya pun sama seperti di Pasar Ciplak.

Kehadiran keduanya di setiap blusukan itu selalu disambut meriah warga Banyak warga yang berebut untuk bersalaman dan berfoto baik dengan Jokowi maupun Ahok.

Di akhir blusukannya, Jokowi tak lupa untuk membagikan buku tulis kepada anak-anak di lokasi tersebut.



  • Diajak Blusukan Sama Jokowi, Ahok: Capek Tapi Efektif
  • Diajak Blusukan Sama Jokowi, Ahok: Capek Tapi Efektif

(jor/rmd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed