DetikNews
Kamis 20 Februari 2014, 10:40 WIB

Tak Hanya di Jakarta, Pertamini Menjamur di Berbagai Wilayah

Ahmad Toriq - detikNews
Tak Hanya di Jakarta, Pertamini Menjamur di Berbagai Wilayah Pertamini di depan kantor Pelindo II, Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung (Candil Lovina/pasangmata.com)
Jakarta - Penjual bensin eceran yang melabeli lapaknya dengan nama Pertamini tak hanya ada di Jakarta, tapi juga eksis daerah-daerah, dari Sumatera hingga Jawa Timur.

"Pertamini banyak saya jumpai di daerah Palembang, Muara Enim sampai Pendopo. Biasanya akan kita jumpai di daerah yang jauh dari SPBU. Mereka menggunakan wadah seperti tabung ukur, sayang saya tidak sempat saya foto," kata pembaca detikcom bernama Robert Lumbantoruan dalam surelnya kepada redaksi, Kamis (20/2/2014).

Pembaca lain bernama Lies Surya juga mengabarkan soal keberadaan Pertamini di wilayah Pagaralam, Sumatera Selatan. Lies bahkan sudah mengulas soal Pertamini ini di blog miliknya sejak dua tahun lalu.

Lies menuturkan penjual bensin Pertamini di Pagaralam menyimpan bensinnya di dalam sebuah drum yang dilengkapi pompa. Pompa ini dioperasikan secara manual dengan cara diputar beberapa kali, kemudian bensin akan naik mengisi tangki kecil yang ada di atas drum. Lalu dari tangki kecil ini bensin dialirkan ke tangki kendaraan bermotor melalui selang.

Sedangkan pembaca detikcom lain yang bernama Farrdhisya Ririz memaparkan bahwa Pertamini ini jamak terlihat di wilayah Sumatera Barat dan Riau. Pertamini sudah lama ada di dua wilayah itu.

"Untuk pom bensin dengan nama Pertamini ini di daerah Sumatera Barat dan Riau sudah ada sejak 3 tahun yang lalu dan banyak tersebar di 2 daerah tersebut," ujarnya.

"Kami warga Sumatera tidak begitu heran karena di daerah kami pelosok-pelosok Kabupaten OKU Selatan, OKU Timur dan lain-lain sudah ada sejak tahun 2011. Setiap pengecer memiliki alat tersebut," ujar pembaca lain yang mengirim surel ke detikcom tanpa melampirkan nama.

Pertamini juga telah merambah wilayah-wilayah Jawa. Seorang pembaca detikcom Sudi Pramono bahkan menduga nama Pertamini itu berasal dari Ponorogo.

"Pertamini itu sudah ada sejak sekitar 5 tahunan yang lalu. Nama pom bensin Pertamini pertama saya lihat di Kota Ponorogo. Jadi nama Pertamini di Jakarta itu kayaknya niru yang ada di kota Ponorogo," ujarnya.

  • Tak Hanya di Jakarta, Pertamini Menjamur di Berbagai Wilayah
    Pertamini di depan kantor Pelindo II, Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung (Candil Lovina/pasangmata.com)
  • Tak Hanya di Jakarta, Pertamini Menjamur di Berbagai Wilayah
    Pertamini di Kutoarjo (Foto: twitter/@emiarfan)
  • Tak Hanya di Jakarta, Pertamini Menjamur di Berbagai Wilayah
    Variasi lain dari Pertamini, Pom Mini (Foto: twitter/@ST_nurjannah)

(tor/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed