DetikNews
Senin 17 Februari 2014, 19:52 WIB

Kemendikbud Luncurkan Film Soekarno di Ende

- detikNews
Kemendikbud Luncurkan Film Soekarno di Ende Wamendikbud Wiendu Nuryanti
Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan film tentang pengasingan Soekarno di Ende, Nusa Tenggara Timur. Film berjudul "Ketika Bung di Ende" ini diklaim memiliki tingkat kebenaran yang tinggi melalui hasil riset.

"Kita membuatnya dalam dokumen drama sehingg lebih menarik," ujar Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (17/2/2014).

Sejarah yang dikemas dalam bentuk film itu diharapkan menjadi daya tarik masyarakat, khususnya bagi para siswwa untuk mendalami sejarah indonesia.

Film ini berdurasi 120 menit dan mengisahkan perjalanan Soekarno di Ende selama 4 tahun. Tokoh Soekarno diperankan oleh Baim Wong dan disutradarai oleh Viva Westi. Aktor dan aktris lainnya yang terlibat adalah Paramitha Rusady sebagai Inggit Ganarsih, Ninik Karim sebagai Amsi dan Tio Pasukadewo sebagai pejuang.

"Berharap film ini nantinya juga dapat diputar di situs sejarah Soekarno di Ende ," ucapnya.

Saat ini pemutaran film sejarah Soekarno telah dilakukan di lima universitas. 15 Universitas lainnya telah memesan film sejarah tersebut.

"Harapannya semangat perjuangan dapat selalu dikenal dan menginspirasi para siswa," kata Wiendu.



  • Kemendikbud Luncurkan Film Soekarno di Ende
    Wamendikbud Wiendu Nuryanti
  • Kemendikbud Luncurkan Film Soekarno di Ende
    Wamendikbud Wiendu Nuryanti

(fiq/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed