Komisi Pengawas Benarkan Tim Sukses Anas Bagi-bagi Uang di Kongres PD

Moksa Hutasoit - detikNews
Senin, 06 Jan 2014 15:21 WIB
Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pengawas Partai Demokrat (PD) Suaidi Marasabessy diperiksa sebagai saksi untuk Anas Urbaningrum. Suaidi membenarkan adanya bagi-bagi uang yang dilakukan tim sukses Anas dalam kongres PD di Bandung Lalu.

"Sepertinya terjadi seperti itu," kata Suaidi usai diperiksa di Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Jaskel, Senin (6/1/2014). Suaidi saat itu menjawab pertanyaan kemungkinan adanya pemberian uang dalam kongres Demokrat yang dilakukan tim sukses Anas.

Selain Suaidi, masih ada dua orang lain dari Komisi Pengawas Demokrat yang diperiksa KPK. Mereka adalah Yosep Badoeda dan Ahmad Yahya.

Agenda pemeriksaan mereka bertiga sebenarnya hanya mempertegas jawaban yang sudah lebih dulu disampaikan TB Silalahi kepada penyidik beberapa waktu lalu.

"Pak TB kan sudah diundang pada minggu yang lalu oleh KPK, dan sudah memberikan penjelasan, sudah memberikan barang bukti, yang diserahkan oleh para kader Partai Demokrat ketika melapor kepada komisi pengawas. Jadi kami hanya datang untuk dimintai klarifikasi soal penjelasan tadi," papar Suaidi.

Dalam pemeriksaan tadi, penyidik juga sudah menyampaikan besaran jumlah-jumlah uang yang beredar. Namun dia enggan menjelaskan karena sudah wewenang KPK.

(mok/aan)