Soal Drumband Misterius, Ini Kisah Warga Yogya Soal Latihan AAU di Pagi Buta

Sukma Indah Permana - detikNews
Senin, 06 Jan 2014 14:01 WIB
Jakarta -

Drumband misterius menjadi urban legend bagi warga Yogyakarta. Mitos seputar suara dan para pemain drumband itu beredar liar. Ada yang mengaitkannya dengan laskar Mataram, pasukan Nyi Roro Kidul, hingga anggota Pemuda Rakyat yang sudah meninggal.

Tapi ada juga cerita lain soal para pemain drumband itu. Tak lain adalah para taruna Akademi Angkatan Udara atau AAU. Jiwo, seorang warga Yogya, menyaksikan latihan drumband di pagi buta itu.

"Tahun 2007 kami pernah mengikuti karantina di AAU. Kami latihan (marching band) sejak sebelum subuh. Sekali waktu, pasukan drumband AAU juga berlatih pagi itu," cerita Jiwo kepada detikcom, Senin (6/1/2014).

Saat itu Jiwo merupakan anggota marching band di sekolahnya. Di pagi buta Jiwo dkk berkesempatan melihat aksi taruna AAU berlatih drumband berkeliling kompleks kampus tersebut. Pasukan drumband AAU memang terkenal dengan atraksi fisik yang memukau.

"Sejak saat itu, saya percaya bahwa suara itu memang berasal dari taruna AAU," lanjut Jiwo.

"Tapi saat itu nggak sempat bertanya, apakah latihan ini rutin atau untuk persiapan penampilan 17 Agustus di Istana Negara Gedung Agung. Karena saat itu memang menjelang penampilan untuk upacara peringatan kemerdekaan," tambah dia lagi.

Cerita Jiwo ini memang agak berbeda dari cerita-cerita yang lain. Sejumlah warga Yogya meragukan taruna AAU yang bermain karena mereka pernah menelusuri asal suara drumband ke Maguwo sebagai basecamp AAU namun suara drumband itu tak terdengar.

Penduduk sekitar Maguwo juga sudah ditanyai soal suara drumband itu, mereka mengaku tak mendengar. Lagipula, tak semua penduduk Yogya juga pernah mendengar suara itu. Hingga kini soal suara itu tetap masih menyisakan misteri.

(ndr/nrl)