Hari ke-422 Jokowi

Jokowi Resmikan Proyek JEDI di Waduk Melati

- detikNews
Rabu, 11 Des 2013 10:04 WIB
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pelaksanaan proyek Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI) yang bekerjasama dengan Bank Dunia di Waduk Melati, Jakarta Pusat. Ia menargetkan pengerukan 14 waduk dan kali di Jakarta bisa selesai 2015.

Jokowi menekan tombol tanda peresmian proyek itu dimulai di Waduk Melati, tepatnya di belakang Gran Indonesia, Jalan Teluk Betung, Jakarta Pusat, Rabu (11/12/2013). Turut hadir perwakilan World Bank, Rodrigo Chaves.

"Dengan mengucapkan bismillahhirrahmannirrahim, pengerjaan Jakarta Emergency Dredging Initiative, Kali Ciliwung-Gunung Sahari, Waduk Saluran Gresik, Kali Cideng Hulu secara resmi dimulai," ujar Jokowi yang mengenakan kemeja warna putih ini. Ia juga terbalut rompi dan helm proyek warna putih.

Satu alat berat siap dioperasikan memancangkan sheetpile. Ia melihat pemancangan sheetpile setinggi 1.245 meter di Waduk Melati seluas 4,5 hektar.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemprov DKI Jakarta, Rudi Manggas Siahaan, mengatakan proses perencanaan JEDI dimulai sejak tahun 2008.

Paket satu lokasinya seputar Kali Ciliwung dan Gunung Sahari yang mencakup Waduk Melati, saluran Gresik dari Jalan Surabaya, Menteng sampai Teluk Betung, Kebon Kacang. Kali Cideng Hulu dari Waduk Setiabudi sampai dengan Teluk Betung, Kebon Kacang.

"Ini kerjasama dengan Bank Dunia. untuk mengurangi dampak banjir tahunan di Jakarta
dan rencananya selesai tahun 2017. Tetapi Pak Gubernur meminta mempercepat hingga akhir tahun 2015. Ini diupayakan untuk selesai sampai akhir tahun 2014," kata Rudi.

(aan/mad)