Kriminolog Mulyana W Kusumah Meninggal Dunia

- detikNews
Minggu, 01 Des 2013 22:27 WIB
Mulyana W Kusumah
Jakarta - Kabar duka kembali datang. Kriminolog Mulyana W Kusumah meninggal dunia dalam usia 65 tahun. Dosen Universitas Indonesia ini wafat karena sakit yang diderita.

"Meninggal pukul 20.00 WIB di rumahnya, Meruya Hilir blok G Nomor 9, Jakarta Barat," ujar Bursah Zarnubi saat dihubungi detikcom, Minggu (01/12/2013).

Bursah mengatakan Mulyana sebelumnya sempat dirawat di RS Dharmais selama dua minggu karena sakit stroke yang diderita. Pada hari Jumat (29/11) kemarin, eks anggota KPU itu dibawa pulang ke rumahnya di kawasan Meruya, Jakarta Barat.

"Sekarang saya mau melayat ke rumah duka," ujar Bursah.


Mulyana Wira Kusumah lahir di Bogor, Jawa Barat pada 23 November 1948. Mulyana adalah seorang akademisi dan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) tahun 2004. Saat menjabat sebagai komisioner KPU 2004, Mulyana terlibat kasus penyuapan terhadap pemeriksa BPK. Kasus ini menjadi awal terkuaknya korupsi di tubuh KPU. Setahun kemudian, Muyana divonis penjara 2 tahun 7 bulan oleh Pengadilan Tipikor.

Sebelumnya ia adalah tokoh KIPP (Komisi Independen Pemantau Pemilu) dan staff pengajar FISIP Universitas Indonesia, juga pernah bergiat di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.

Terakhir, dia mendirikan Seven Strategic Studies (7SS) dan menjadi direktur eksekutifnya.
(rmd/rna)