Pengemis Tajir

Apa Kata Tetangga Soal Panggilan Haji kepada Walang?

- detikNews
Jumat, 29 Nov 2013 15:26 WIB
Rumah Walang di Subang (Foto: Dian Firmansyah/detikcom)
Subang - Walang bin Kilon (54) baru daftar untuk pergi haji. Tapi ia mengaku sudah dipanggil Haji Walang di kampungnya. Benarkah ia dipanggil haji dan kenapa?

Beberapa bulan lalu, Walang mendaftar haji ke yayasan di wilayahnya. Dia mengaku mendapat porsi untuk berangkat tahun 2019. Kepada warga, Walang sempat menceritakan hal itu.

"Warga manggil haji karena ia sudah daftar," kata tetangga, Sakum Sopiadi (47), di Kampung Waladin, Kelurahan Pasir Bungur, Kecamatan Purwadadi, Subang, Jawa Barat, Jumat (29/11/2013).

Warga salut dengan Walang yang ulet dan punya tekad besar berhaji. Salah satu bentuk 'pujian' warga ke Walang, ya soal panggilan haji itu. Mereka tidak mempermasalahkan soal 'profesi'.

"Hampir semua tahu dia (mengemis) ke Jakarta," kata Sakum.

Tidak banyak tetangga yang mau dikonfirmasi soal Walang. Mereka takut dikira menjelek-jelekkan pria yang pernah sukses dalam berkebun dan menggemukkan sapi tersebut. Rumah Walang kosong sejak si empunya terjaring razia di Jakarta Selatan, Selasa (26/11) lalu. Padahal, biasanya rumah itu dihuni anak Walang.


(try/nrl)