4 Cerita Seru Paspampres Kawal Kepala Negara di KTT APEC

- detikNews
Selasa, 12 Nov 2013 17:24 WIB
4 Cerita Seru Paspampres Kawal Kepala Negara di KTT APEC
Beniqno Aquino (dok. detikcom)

Cerita Lettu Pasukan Tunggul Dwi Asmara lain lagi. Dia harus bersusah payah mengawal Presiden Filipina.

"Sampai pada acara (untuk) pengusaha-pengusaha semua presiden diholding. Dia (Presiden Filipina) dengan Presiden Meksiko. Jalan dari holding tiba-tiba ada wartawan cewek, yang berteriak-teriak memanggil Presiden Filipina," ujar Lettu Psk Tunggul Dwi A di Mako Paspampres Jalan Tanah Abang 2, Jakarta Pusat, Selasa (12/11/2013).

Di dalam acara APEC 2013, Tunggul bertugas sebagai salah satu security officer (SO) untuk Presiden Filipina Beniqno Aquino. Tunggul bercerita, setelah beberapa kali wartawan tersebut bertanya, timnya berusaha memperketat perlindungan terhadap tamunya.

Seketika, saat itu wartawan yang memiliki ID wartawan lengkap ini berteriak-teriak dan berontak.

"Jam tangan teman saya sampai putus," imbuh Tunggul.

Setelah rombongan presiden masuk, Tunggul berkisah bahwa wartawan didatangi oleh dua orang teman lelakinya. Ketiganya bersikukuh untuk menunggu Beniqno Aquino.

Namun, setelah tim SO memberi pengertian bahwa tindakannya melanggar peraturan dan bisa ditindak secara hukum, ketiga wartawan tersebut akhirnya meninggalkan lokasi kejadian.

"Mereka ngotot sekali," ujarnya.

"Setelah ditelusuri, diketahui bahwa warga Hongkong ini adalah aktivis Hongkong," kata Tunggul.

Tunggul menuturkan bahwa setelah kejadian itu, Beniqno dan pemimpin Hongkong bertemu dan menyepakati bahwa tidak akan ada pembahasan topik selain terkait dengan APEC.

(trq/nrl)