Laporan dari Den Haag

Dubes Retno: INYS Investasi Penting Hubungan RI-Belanda

- detikNews
Selasa, 22 Okt 2013 11:22 WIB
Den Haag - Indonesia Netherlands Youth Society (INYS), wadah bagi generasi muda Indonesia-Belanda adalah investasi penting dan tepat waktu bagi hubungan kedua negara di masa mendatang.

Hal itu disampaikan Duta Besar RI Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Kerajaan Belanda Retno LP Marsudi dalam sambutan peresmian INYS dan pelantikan pengurusnya di Ruang Nusantara KBRI Den Haag baru-baru ini (19/10/203).

"Diharapkan INYS dapat ikut berpartisipasi aktif dalam upaya peningkatan saling pengertian maupun kerjasama dengan organisasi lainnya baik di Belanda maupun Indonesia," ujar Dubes.

Dalam pidatonya melalui rekaman video, Dubes juga mengapresiasi seluruh pihak atas pembentukan INYS sebagai bukti keinginan bersama untuk terus meningkatkan hubungan Indonesia dan Belanda.

Peresmian organisasi INYS ini ditandai dengan pemukulan gong bersama oleh Kuasa Usaha Ad-interim (KUAI) KBRI Den Haag Witjaksono Adji dan Deputi Direktur Jenderal Urusan Politik Kementerian Luar Negeri Belanda Marissa Gerards.

Dalam sambutannya, Marissa Gerards selain menyampaikan apresiasi juga menyatakan harapannya agar INYS dapat ikut mempromosikan dan meningkatkan kontak antar masyarakat kedua negara (people to people contact).

Sementara Presiden INYS terpilih, Rennie Roos, dalam kesempatan tersebut menyampaikan terimakasihnya kepada berbagai pihak atas dukungan pembentukan INYS.

"INYS yang mempunyai motto 'Pemuda Indonesia dan Belanda Hari Ini adalah Pemimpin di Masa Depan' juga siap bekerjasama dengan berbagai pihak lainnya dalam mempromosikan dan menghubungkan para pemuda kedua negara," demikian Roos.

Hadir dalam acara tersebut sekitar 150 peserta dan undangan terdiri dari para pejabat Kementerian Luar Negeri Belanda, staf KBRI Den Haag, pengurus dan anggota INYS, akademisi, pelaku usaha Belanda, perwakilan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI), dan undangan lainnya.

Dalam acara pelantikan tersebut, tampil para narasumber menyampaikan pandangan dan masukannya pada dua sesi diskusi, masing-masing di bidang pendidikan dan professional muda.

Secara garis besar, para narasumber dan peserta diskusi menyepakati besarnya potensi dan peluang kerjasama kedua negara dan perlunya peningkatan kerjasama, peningkatan saling kenal dan minat bersama untuk memanfaatkan potensi tersebut.

Selama acara berlangsung ditampilkan pula hiburan seni budaya Indonesia antara lain kolaborasi tarian Jawa dengan tari kontemporer, lagu-lagu tradisional Indonesia, serta sajian kuliner khas Indonesia.

Jauh sebelum diresmikan, organisasi INYS ini telah secara aktif mendukung berbagai kegiatan promosi dan diplomasi Indonesia di Belanda.

Di samping INYS untuk kerjasama para pemuda, terdapat pula Indonesia Netherlands Society (INS) sebagai wadah kerjasama untuk kelompok masyarakat Indonesia-Belanda.


(es/es)