Buka Pidato di DPR, Presiden Cina: Apa Kabar? Selamat Siang...

- detikNews
Kamis, 03 Okt 2013 13:13 WIB
Foto: Iqbal/detikcom
Jakarta - Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping menyampaikan pidato di Gedung DPR, Senayan, Jakarta bersama ketua DPR Marzuli Alie. Xi Jinping membuka pidatonya dengan menyapa dalam bahasa Indonesia.

"Apa kabar? Selamat siang.." kata Presiden Cina Xi Jinping tersenyum saat pidato di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2013).

Sapaan dalam bahasa Indonesia yang disampaikan bercampur logat Cina itu disambut tawa dan senyum puluhan tamu yang hadir, baik dari Cina maupun Indonesia. Tampak juga seluruh pimpinan DPR.

Xi Jinping kemudian melanjutkan pidatonya dalam bahasa Cina. Ia mengenang kunjungannya 20 tahun lalu ke Indonesia dan menikmati berbagai budaya Indonesia.

"Waktu terasa begitu cepat berlalu, namun hingga kini berbagai kenangan indah itu masih jelas teringat oleh saya," ujarnya dalam bahasa Cina.

"Hari ini sekali lagi saya menginjakkan kaki di tanah yang begitu indah ini dengan lebih mendalam, telah saya rasakan daya hidup hubungan bilateral kita dan persahabatan kedua masyarakat kita," imbuh Xi Jinping.

Ia kemudian memaparkan soal hubungan Indonesia dan Cina yang sudah terjalin lama hingga pada masa Presiden SBY.

"Hubungan kita persis seperti lirik lagu Bengawan Solo, mata airmu dari Solo terkurung gunung seribu. Air mengalir sampai jauh, akhirnya ke laut," ucapnya.

(iqb/van)