Masalah Etika Bisa Ganjal Langkah Ruhut Jadi Ketua Komisi III DPR

- detikNews
Jumat, 27 Sep 2013 15:07 WIB
Jakarta - Sejumlah politisi menolak Ruhut Sitompul sebagai Ketua Komisi III. Wakil Ketua (Waket) DPR Priyo Budi Santoso menilai Ruhut mempunyai problem mendasar yang memicu sejumlah penolakan itu. Apa problem fundamental itu?

"Sebenarnya Pak Ruhut ini dengan segala keunikannya bisa memperkaya tipe-tipe karakter kita. Tapi rupanya ada masalah lain yang agak mendasar," kata Priyo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2013).

Masalah mendasar itu disebut Priyo bukan berkaitan dengan masalah hukum, melainkan masalah etika. Inilah yang menelikung langkah Ruhut menuju kursi Ketua Komisi III DPR. Meski begitu, Priyo tak mau menjelaskan secara spesifik persoalan etika yang menahan laju Ruhut itu.

"Saya kira saya tidak mau bicara lebih jauh, karena ini urusan etika. Mudah-mudahan ini dipertimbangkan oleh Partai Demokrat," ucapnya memendam makna.

Sebelumnya diberitakan, kelompok 'Trio SBY' di Komisi III yang terdiri dari Sudding, Bambang, Yani menolak Ruhut duduk sebagai ketua komisinya. Bahkan politisi Gerindra Desmond Junaidi Mahesa menyerang Ruhut lewat isu 'kumpul kebo'.

Serangan terhadap Ruhut tak berhenti di situ. Istri Ruhut Ana Rudhiantiana didampingi pengacara Hotman Paris Hutapea tandang ke DPR mengadukan soal hubungan suami-istri Ruhut. Ana menolak Ruhut menjadi Ketua Komisi III DPR, dibantu Hotman membagikan berkas sanksi BK soal Ruhut dan foto-foto pernikahan dengan Ana yang tak pernah diakui Ruhut.

(dnu/van)