detikNews
Jumat 20 September 2013, 16:34 WIB

Mobil Alphard Ini \'Minum\' Premium, Bagaimana Nanti Mobil Murah?

- detikNews
Mobil Alphard Ini \Minum\ Premium, Bagaimana Nanti Mobil Murah? Foto: Pembaca
Jakarta - Sebagian kalangan tak setuju dengan program mobil murah pemerintah. Alasannya, ada kemungkinan mobil itu menggunakan BBM bersubsidi. Apalagi, ternyata mobil mahal pun masih \'meminum\' bensin premium.

Seorang pembaca detikcom mengirim foto mobil Toyota Alphard yang sedang mengisi bensin premium di Pom Bensin Jl Kembangan, Jakarta Barat. Foto diambil tiga bulan lalu dan dikirim ke redaksi, Jumat (20/9/2013) hari ini.

Sang pembaca menyayangkan masih ada mobil mewah yang mengisi BBM bersubsidi. Terlebih lagi nanti mobil murah akan membanjiri jalanan di Indonesia.

\"Kalau melihat foto ini, mobil mahal saja tetap beli premium, mana mungkin mobil murah yang sedang ramai-ramainya tersebut,\" kata pengirim foto yang namanya enggan disebutkan itu.

Kebijakan mobil murah atau Low Cost Green Car (LCGC) yang dikeluarkan Kementerian Perindustrian menimbulkan pro dan kontra. Selain menambah macet, mobil ini juga membuat konsumsi bensin subsidi melonjak.

Menteri Keuangan Chatib Basri angkat bicara soal hal tersebut. Menurut Chatib mobil murah yang sudah dirancang sedemikian rupa tidak akan menggunakan BBM bersubsidi.

Dalam Rancangan APBN 2014 dicantumkan, kuota BBM bersubsidi akan mencapai 48 juta kiloliter (KL) hingga 50,5 juta KL. Chatib berharap volume kuota bersubsidi tahun depan tetap terjaga.




(mad/nrl)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com