Beginilah Sosok Habib Munzir di Mata Jamaah

- detikNews
Senin, 16 Sep 2013 16:29 WIB
Doc.Majelis Rasulullah.
Jakarta - Jamaah Majelis Rasulullah baru saja kehilangan seorang pemimpin yang dicintainya. Ribuan orang yang mengantarkan Habib Munzir ke tempat peristirahatannya yang terakhir memiliki pandangan tersendiri terhadap sosok pria berusia 40 tahun itu.

"Orangnya bijaksana, punya sifat baik, cukup mengayomi," ujar Deri (25), jamaah dari Bekasi kepada detikcom di lokasi pemakaman Habib Kuncung, Kalibata, Jaksel, Senin (16/9/2013).

Deri mengaku pernah bertatap muka dengan sang Habib. Selain itu dia juga merasa beruntung karena pernah bersalaman dengan sosok yang dia kagumi tersebut.

"Saya kaget dan sedih banget mendengar kabar itu kemarin. Sayang banget padahal Habib masih muda tetapi sudah dipanggil Tuhan," tuturnya.

Selain Deri, 2 perempuan bernama Sintia (22) dan Vera (23) jamaah Majelis Rasulullah yang berasal dari Bekasi Timur dan Tanah Abang, juga merasakan hal yang sama. Menurut mereka, sosok Habib tersebut amatlah bijaksana selayaknya guru.

"Orangnya sangat kharismatik, sayang kita belum pernah salaman sama beliau. Makanya kita sedih banget dan bela-belain ke sini," jelas Sintia yang mengaku sempat menangis ketika prosesi pemakaman berlangsung.

Cipto (38) jamaah asal Senen rupanya memiliki kisah tersendiri dalam mengenang Habib Munzir bin Fuad Al Musawwa. Cipto mengaku memiliki kehidupan yang kelam sebelum akhirnya disadarkan oleh ceramah sang Habib.

"Kehidupan saya dulu bobrok sekali. Hingga suatu saat saya mendengar ceramah Habib, dan ajarannya sangat mengena dan menyentuh hati saya hingga saya memutuskan untuk berubah," tuturnya sendu.

Tak heran, ketika prosesi pemakaman berlangsung, Cipto terlihat sangat sedih. Dia menangis dalam diam sambil menengadahkan tangannya untuk berdoa dengan khusyuk.

"Saya kehilangan sosok yang amat penting untuk hidup saya. Semoga Allah memberinya surga," kata Cipto.

(rni/rmd)