ADVERTISEMENT

Tanpa Capres Sekelas Jokowi, Konvensi PD Dinilai Tak Menarik Lagi

- detikNews
Senin, 02 Sep 2013 12:51 WIB
Jakarta - 11 Nama peserta konvensi capres PD sudah diketok palu. Mereka siap bersaing menjadi capres partai biru tersebut. Namun gelaran konvensi capres PD dinilai sudah tak lagi menarik.

"Saya melihat konvensi capres PD ini menurut saya semakin menunjukkan mekanisme yang tidak lagi memiliki daya tarik dalam konteks sebagai manajemen pesan bagi publik," kata pengamat politik UIN Jakarta, Gun Gun Heryanto, kepada detikcom, Senin (2/9/2013).

Padahal sebetulnya, konvensi capres PD sejak awal diposisikan sebagai upaya untuk mendongkrak popularitas Partai Demokrat. Kondisi saat ini dinilai kurang menguntungkan. Apalagi tak ada tokoh sekaliber Joko Widodo (Jokowi) yang ambil bagian.

"Apalagi ada 4 orang yang tidak lagi tertarik, sehingga ini bisa menjadi indikator bahwa sebenarnya memang konvensi ini memang tidaklah memiliki kepastian, semacam kanalisasi sumberdaya manusia yang kurang baik," katanya.

Menurutnya konvensi capres PD dititikberatkan pada upaya untuk mendongkrak elektabilitas PD. Namun tidak pada upaya untuk memunculkan capres potensial yang sesungguhnya.

"Partai Demokrat seperti diidealkan retorika para elite PD bahwa konvensi ini paling demokratis untuk mencari capres. Namun faktanya lebih kepada upaya untuk menjaga eksistensi Partai Demokrat untuk meraih 15% suara sesuai target," tandasnya.

Berikut 11 peserta konvensi yang akan bertarung menjadi capres Demokrat adalah:

1. Ali Masykur Musa
2. Anies Rasyid Baswedan
3. Dahlan Iskan
4. Dino Patti Jalal
5. Endriartono Sutanto
6. Gita Wirjawan
7. Hayono Isman
8. Irman Gusman
9. Marzuki Alie
10. Pramono Edhie Wibowo
11. Sinyo Harry Sarundajang



(van/nrl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT