Setelah 19 Tahun, Unair Kembali Berikan Gelar Doktor Kehormatan

- detikNews
Senin, 26 Agu 2013 12:35 WIB
Surabaya - Setelah 19 tahun lamanya, Universitas Airlangga kini kembali menganugerahkan gelar Doktor Kehormatan atau Doctor Honoris Causa (Dr Hc). Dan seseorang yang beruntung mendapatkan gelar tersebut yakni Chairul Tanjung, CEO CT Corp yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN).

Gelar kehormatan ini diberikan oleh suatu universitas yang memenuhi syarat kepada seseorang, tanpa orang tersebut perlu untuk mengikuti dan lulus dari pendidikan yang sesuai untuk mendapatkan gelar kesarjanaannya tersebut. Terakhir, Unair menganugerahkan gelar ini pada tahun 1994 kepada Menteri Sekretaris Negara (saat itu) Moerdiono.

Layaknya program doktoral, penerima gelar Doktor Kehormatan ini juga perlu diuji oleh senat perguruan tinggi. Senat akademik Unair menentukan seseorang layak mendapat gelar Doctor Honoris Causa setelah mengadakan dua kali kuliah umum dan satu workshop.

Untuk diketahui, sebelumnya Chairul Tanjung telah menggelar kuliah umum dan workshop nasional di Unair mengenai model ekonomi berkeadilan. Model ekonomi tersebut diuji oleh panelis dari Komite Ekonomi Nasional (KEN) dan Fakultas Ekonomi Bisnis pada bulan Juni 2013.

"Dengan mengucapkan syukur, acara tunggal sidang pemberian gelar Doktor Kehormatan atau Doctor Honoris Causa kepada atas nama Chairul Tanjung dibuka," kata Rektor Unair Prof dr Fasichul Lisan di Aula Garuda Mukti Gedung Rektorat lantai 5 Kampus C Universitas Airlangga, Senin (26/8/2013).

Salah satu persyaratan yang ditentukan oleh Undang-Undang dalam penganugerahan gelar Doktor Kehormatan adalah perguruan tinggi tersebut harus memiliki fakultas atau jurusan yang menyelenggarakan bidang ilmu yang sama dengan ruang lingkup karya penerima gelar. Sebagai pengusaha nasional dan juga Ketua KEN, CT akan menerima gelar Doktor Kehormatan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unair.

Penerima gelar Doctor Honoris Causa juga akan menjalani prosesi layaknya guru besar yang dikukuhkan oleh Unair. Selain itu, CT sebagai penerima gelar juga akan menatahkan namanya pada lempengan emas yang ada di tanda universitas.

(nrm/ndr)