DetikNews
Minggu 04 Agustus 2013, 14:40 WIB

Jembatan Senilai Rp 800 M akan Dibangun di Papua

- detikNews
Jakarta - Jembatan Senilai Rp 800 M akan Dibangun di Papua

Papua segera memiliki jembatan megah yang sekaligus dapat menjadi ikon baru daerah. Jembatan yang dinamai Holtekamp tersebut akan dibangun untuk menghubungkan pusat kota Jayapura dengan kawasan yang berbatasan dengan Papua Nugini sehingga memperpendek jarak dan menekan biaya transportasi.

\\\"Proyek infrastruktur ini bagian pembangunan trans Papua yang semuanya dapat menekan tingginya biaya transportasi di sana,\\\" kata Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah Velix Wanggai dalam surat elektroniknya, Minggu (4\/8\/2013).

Pembangunan jembatan Holtekamp yang biayanya mencapai Rp 800 miliar itu melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum, Pemprov Papua dan Pemkot Jayapura. Nota kerja sama telah ditandatangani pada Jumat (2\/8\/2013) di Sekretariat Negara.

Panjang ruas jembatan mencapai 736 meter. Namun panjang totalnya adalah 1,8 km sebagai badan jalan. Dibangun mulai daerah Hamadi hingga ke Holtekamp.

\\\"Kita harap pembangunannya selesai dalam waktu dua tahun,\\\" kata Gubernur Papua Lukas Enembe dalam surat elektronik yang sama.

Harapan serupa disampaikan Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano. Keberadaan Jembatan Holtekamp tak hanya mampu mendongkrak potensi ekonomi masyarakat. Keberadaan jembatan tersebut juga akan meminimalisir risiko gangguan keamanan terhadap masyarakat yang melakukan perjalanan darat.

\\\"Jika melalui jalan yang lama sangat rawan. Warga yang melintas jalan lama itu kerap mendapat gangguan keamanan dari anggota OPM,\\\" ujar Tomi Mano.




(lh/trq)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed