DetikNews
Jumat 19 Juli 2013, 13:31 WIB

Ketua Panitia Pertandingan Tinju Maut di Nabire Jadi Tersangka

- detikNews
Jakarta - Kepolisian Daerah Papua menetapkan satu tersangka pasca peristiwa berdarah usai pertandingan tinju yang memperebutkan piala Bupati Nabire. Ketua panitia acara itu ditetapkan jadi tersangka.

\\\"Tersangka atas nama NY, 44 tahun,\\\" kata Kabag Penum Polri, Kombes Agus Rianto, di Gedung Divisi Humas Polri, Jl Senjaya, Jakarta Selatan, Jumat (19\/7\/2013).

NY merupakan staf pegawai negeri sipil (PNS) di pendidikan dan latihan Kabupaten Nabire. \\\"Yang bersangkutan merupakan ketua panitia dalam kejuaraan tinju Bupati Cup,\\\" kata Agus.

Polisi menjerat NY dengan pasal yang tertuang dalam Undang-undang tentang Sistem Keolahragaan Nasional (UU No 3\/2005). Lebih rinci lagi, pasal yang dimaksud adalah Pasal 89 ayat 2 Jo Pasal 51 ayat 2.

\\\"Ancaman pidananya lima tahun,\\\" ujar Agus.

Penerapan pasal tersebut berdasarkan keterangan induk olahraga tinju yang menyebut bila pertandingan tinju di Kotalama Nabire tersebut tidak berizin.

Disinggung mengenai penerapan pasal kelalaian dari pihak panitia, di mana pintu yang aktif hanya dua sehingga penonton berdesakan saat hendak keluar, Agus menjawab penyidik masih terus mendalami kasus tersebut.

\\\"Ini masih berproses,\\\" katanya menambahkan belum diberlakukan penahanan fisik bagi tersangka.

Sementara itu, 16 saksi terkait insiden tersebut telah diperiksa. \\\"Bupati belum,\\\" kata Agus.

Peristiwa berdarah ini terjadi di akhir pertandingan tinju di GOR Kotalama, Nabire, Papua, Minggu (14\/7) kemarin malam. Diduga pendukung petinju yang kalah tidak terima.

Petinju Alpius Rumkoren menang atas Yulianus Pigome dengan kemenangan angka. Nah, saat penyerahan piala kepada Alpius, massa yang diduga pendukung Yulianus mengamuk, menyerbu ke arah pendukung Alpius, dan melempar kursi.

Penonton lain yang panik berebutan keluar dari GOR. Terdapat 18 orang, 11 di antaranya wanita, yang tewas akibat terinjak-injak. Selain itu, terdapat 39 orang yang mengalami luka-luka dan masih menjalani perawatan di RSU Nabire.

(ahy/trq)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed