Pertandingan Maut di Nabire Tak Kantongi Rekomendasi Asosiasi Tinju

- detikNews
Selasa, 16 Jul 2013 02:37 WIB
Jakarta - Aparat kepolisian tengah menginvestigasi pertandingan tinju di Nabire Papua yang berujung rusuh dan menewaskan 17 orang penonton. Ternyata pertandingan tersebut tidak mengantongi rekomendasi dari Persatuan Tinju Amatir (Pertina).

"Saya baru menerima laporan bahwa kegiatan itu tidak mendapat rekomendasi dari Pertina Provinsi," kata Menpora Roy Suryo ketika ditemui di acara ajang Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2012, di Grand Indonesia, Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, Senin (15/7/2013).

Roy mengatakan insiden itu diduga disebabkan oleh marahnya pendukung petinju yang kalah di pertandingan itu. Insiden itu sangat disesalkan.

"Disinyalir akibat marahnya pendukung Yulius Pigome dari Sasana Mawa yang kalah dari petinju Alpius Rumkorem dari Sasana Persada," ujarnya.

Peristiwa berdarah ini terjadi di akhir pertandingan tinju di GOR Kotalama, Nabire, Papua, Minggu (14/7) kemarin malam. Diduga pendukung petinju yang kalah tidak terima.

Petinju Alpius Rumkoren menang atas Yulianus Pigome dengan kemenangan angka. Nah, saat penyerahan piala kepada Alpius, massa yang diduga pendukung Yulianus mengamuk, menyerbu ke arah pendukung Alpius, dan melempar kursi.

Penonton lain yang panik berebutan keluar dari GOR. Terdapat 18 orang, 11 di antaranya wanita, yang tewas akibat terinjak-injak. Selain itu, terdapat 39 orang yang mengalami luka-luka dan masih menjalani perawatan di RSU Nabire.

(fjp/fjp)