Setelah Sempat Kandas di Bone, KM Dharma Kartika Kembali Berlayar

- detikNews
Kamis, 11 Jul 2013 03:10 WIB
Bone - Setelah kandas selama tiga jam, KM Dharma Kartika akhirnya bisa kembali berlayar setelah air pasang datang. Kapal yang memuat 214 penumpangnya serta 21 ABK ini akan berlayar menuju Pelabuhan Bajoe, Sulsel.

Kepala Syahbandar, Andi Abbas mengatakan, ketinggian air yang kembali normal mampu KM Dharma Kartika. Lantaran hanya mengalami kerusakan kecil, pihaknya meminta kapal tersebut kembali ke dermaga.

"Syukurlah sudah terlepas dari perairan dangkal, jadi kami meminta kapten kapal untuk tidak melanjutkan pelayaran dan kembali ke dermaga Pelabuhan Bajoe", kata Abbas yang ditemui sejumlah wartawan, Kamis (11/7/2013).

Abbas menegaskan pihaknya tetap akan melakukan pemeriksaan fisik terhadap kapal tersebut. Pemeriksaan tersebut untuk mengecek layak tidaknya kapal itu kembali berlayar setelah dua kali kandas hanya berselang 6 bulan.

"Kapal kandas ini membawa membawa 214 penumpang, delapan truk Besar, satu truk sedang, empat bus, 19 mini bus, dan 15 sepeda motor," jelasnya.

Anggota tim SAR saat ini masih berada di dermaga untuk membantu proses evakuasi penumpang.

Lokasi kandasnya kapal berjarak sekitar 6 mil dari Pelabuhan Bajoe. Kapal ini rencananya berangkat menuju Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Akibat cuaca buruk, jadwal keberangkatan kapal ini sempat tertunda berjam-jam. Kapal yang rencananya berangkat pukul 20.00 WITA baru berlayar pukul 23.00 WITA.

(mok/mok)