Masuk Ramadan, Tempat Hiburan Malam di Mangga Besar Tutup Sementara

- detikNews
Rabu, 10 Jul 2013 01:35 WIB
Suasana Jalan Hayam Wuruk (Foto: Rina/detikcom)
Jakarta - Memasuki bulan Ramadan, sejumlah tempat hiburan tutup sementara. Tak terkecuali tempat-tempat hiburan yang ada di wilayah Mangga Besar, Jakarta.

detikcom mencoba menelusuri Jalan Hayam Wuruk, Rabu (10/7/2013), dini hari ini. Gemerlap lampu sejumlah tempat hiburan yang biasanya menyala terang di sepanjang jalan itu tak terlihat malam ini. Begitu juga ketika jalan-jalan kecil di wilayah Mangga Besar disusuri, tak dijumpai tempat hiburan yang buka.

Suasana lebih sepi dari biasanya. Hanya sedikit penjual obat kuat yang membuka lapak. Padahal, pada hari-hari di luar bulan Ramadan, penjaja obat kuat di wilayah itu bisa ditemui tiap sepuluh meter.

Begitu juga dengan perempuan-perempuan berbaju seksi yang biasanya 'mangkal' di pinggir jalan Hayam Wuruk, malam ini tak terlihat seorang pun. Hanya ada beberapa tukang ojek yang mangkal dekat halte TransJ Mangga Besar.

Salah seorang tukang ojek bernama Aji (25) mengatakan tempat hiburan malam di wilayah itu memang tutup malam ini. "Hari ini tutup, biasanya sih cuma tiga hari. Mungkin untuk menghormati yang puasa," ujar Aji.

Dia juga mengatakan perempuan-perempuan yang biasanya ada di pinggir jalan juga tak keluar malam ini. "Ya nggak ada, lah. Kalau mau ke sini aja malam minggu. Tempat dugemnya juga udah pada buka," tuturnya.

Aji menuturkan, kalaupun nantinya tempat hiburan malam di Mangga Besar sudah buka, waktu operasinya di luar dari biasanya. Tempat hiburan biasanya buka di sore hari, kemudian tutup sebelum pukul 04.00 WIB dini hari.

"Kalau biasanya buka sampai terang," ungkap Aji.

(trq/trq)