Jelang Ramadhan, Makam Uje Dipadati Peziarah

- detikNews
Sabtu, 06 Jul 2013 11:11 WIB
Jakarta - Setiap akan memasuki bulan Ramadhan, makam-makam selalu penuh dengan peziarah. Tidak terkecuali makam almarhum Uje alias Ustadz Jeffry Al Buchori di pemakaman umum Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pada pukul 10.45 WIB, Sabtu (6/7/2013), seratusan orang nampak berkerumun di sekeliling makam Uje. Banyak yang sengaja datang hanya untuk berziarah ke makam da'i terkenal tersebut, dan ada pula yang sambil berziarah ke makam sanak keluarga.

"Kami dari Cikarang, ke sini memang cuma mau ziarah ke makam Uje," ujar Bu Khaironi yang baru saja tiba di makam.

Bersama rombongannya yang terdiri dari dua puluhan orang ibu-ibu, Khaironi sabar menunggu giliran untuk bisa mendapat tempat tepat di sisi makam. Setelah 10 menit antre, barulah mereka dapat beringsut hingga ke sisi makam dan langsung memanjatkan do'a bersama yang dipimpin ketua rombongannya.

Lain lagi dengan Ibu Siti dari Kemayoran, Jakarta Pusat. Wanita paruh baya ini datang bersama anaknya, untuk berziarah ke makam ibundannya. Setelah itu barulah berziarah ke makam Uje.

"Kan bisa sekalian," ujar ibu yang mengenakan kerudung hitam ini.

Sanak kerabat Uje, rupanya sudah terlebih dahulu berziarah. Menurut petugas TPU Karet Tengsin, istri dan anak-anak Uje datang pada Jumat sore, sedangkan ibundanya berziarah sekitar pukul 08.00 WIB ini.

Banyak dan berjubelnya peziarah di makam Uje, berpotensi dimanfaatkan para pencopet. Bahkan dipasang sebuah peringatan agar peziarah tetap waspada dan berhati-hati terhadap barang-barang bawaannya.


(lh/lh)