DetikNews
Jumat 05 Juli 2013, 18:08 WIB

Kalah di Pilgub Sumut, Soekirman Dilantik Sebagai Bupati Serdang Bedagai

- detikNews
Kalah di Pilgub Sumut, Soekirman Dilantik Sebagai Bupati Serdang Bedagai Foto: Khairul Ikhwan/detikcom
Medan - Soekirman boleh saja kalah saat maju sebagai calon wakil gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Utara (Sumut), tetapi dia tetap mendapat berkah. Hari ini dia dilantik sebagai Bupati Serdang Bedagai sebab bupati lama kini menjabat sebagai wakil gubernur Sumut.

Pelantikan itu berlangsung dalam rapat paripurna DPRD Serdang Bedagai di Sei Rampah, Serdang Bedagai, Jumat (5\/7\/2013). Soekirman diambil sumpahnya oleh Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho. Hadir juga di sana, Wakil Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi.

Soekirman yang sebelumnya Wakil Bupati Serdang Bedagai, sah menjabat sebagai Bupati Serdang Bedagai dengan sisa masa jabatan 2010-2015. Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.12-4563\/2013 tertanggal 14 Juni 2013 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Bupati menjadi Bupati Bupati Serdang dan Pengesahan Pemberhentian Wakil Bupati Serdang.

\\\"Saya berharap proses pembangunan dilanjutkan. Untuk pemilihan wakil bupati, silahkan dikomunikasikan secara baik,\\\" ujar Gatot saat memberikan sambutan usai pelantikan.

Disebutkan Gatot, awalnya dia ingin menugaskan Wakil Gubernur Tengku Erry Nuradi untuk melantik Bupati Serdang Bedagai. Namun setelah berkonsultasi dengan Mendagri, ternyata tugas melantik merupakan hak otoratif. Maka rencana itu urung dilaksanakan.

\\\"Kalau Pak Tengku Erry yang melantik, pasti suasana menjadi lebih istimewa. Begitupun kehadiran Tengku Erry di sini menambah kebahagiaan semua,\\\" ujar Gatot.

Sebelumnya Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai Periode 2010-2015 Tengku Erry Nuradi dan Soekirman, sama-sama maju sebagai calon wakil gubernur Sumut dalam Pilkada Sumut yang berlangsung 7 Maret lalu. Soekirman berpasangan dengan dengan Gus Irawan Pasaribu sebagai calon gubernur, sedangkan Tengku Erry berpasangan dengan Gatot Pujo Nugroho.

Hasil pemilihan, pasangan Gatot dan Tengku Erry yang unggul. Keduanya dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut pada 17 Juni lalu. Erry otomatis meninggalkan posisi bupati. Posisi itulah yang kemudian diisi Soekirman.




(rul/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed