DetikNews
Selasa 02 Juli 2013, 11:05 WIB

Cerita Tukang Foto Keliling Mengais Rezeki di Makam Uje

- detikNews
Cerita Tukang Foto Keliling Mengais Rezeki di Makam Uje
Jakarta - Makam Ustad Jefri atau Uje banyak dikunjungi peziarah setiap harinya. Lebih-lebih jelang Ramadan ini, ratusan peziarah dari berbagai kota datang mengalir. Kehadiran para peziarah makam Uje ini mendatangkan rezeki buat warga sekitar, termasuk tukang foto keliling.

\\\"Saya baru sebulan di sini (makam Uje-red),\\\" kata Ian (26) bercerita di TPU Karet, Jaksel, Senin (1\/7\/2013).

Ian mengaku, makam Uje memberi rezeki buat dia. Banyak peziarah yang datang dan kemudian meminta difoto. Tarif sekali foto murah, di bawah Rp 20 ribu. Foto sekali jadi lengkap dengan tulisan foto di Makam Uje.

\\\"Sehari-hari di atas 50 orang, itu kalo hari biasa. Kalo libur mah ada 100 lebih. Dan itu kalau saya saja, belom teman-teman yang lain,\\\" tambah Ian.

Para peziarah umumnya ibu-ibu. Mereka berfoto di dekat makam Uje, sambil berdoa. \\\"Emang yang sering datang ke sini kan ibu-ibu,\\\" tuturnya.

Tak hanya Ian sendiri saja di sana, ada beberapa yang lain pedagang foto keliling. Untuk menjadi tukang foto di sini, hanya izin ke penjaga makam. Dengan mangkal di kawasan TPU Karet ini, dia bisa meraup rezeki untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


(ndr/gah)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed