DetikNews
Selasa 25 Juni 2013, 12:20 WIB

80-an Orang Demo Tolak RUU Ormas di DPR, Lalin Lancar

- detikNews
80-an Orang Demo Tolak RUU Ormas di DPR, Lalin Lancar Demo RUU Ormas (Foto:Bagus/detikcom)
Jakarta - Sekitar 80 orang menggelar unjuk rasa di depan gedung DPR, Jl Gatot Subroto, Senayan, Jakarta. Mereka meminta pengesahan RUU Ormas dibatalkan.

\\\"Tolak RUU Ormas! RUU itu mengembalikan lagi sejarah pada masa Orde Baru di mana saat itu organisasi kita direpresi, dikekang,\\\" kata koordinator demo, Frasisca Fitri, di lokasi, Selasa (25\/6\/2013).

Fransisca mengungkapkan jika benar disahkan maka RUU ini akan membuat organisai mereka dibatasi. RUU ini hanya akan menguntungkan pemerintah dan partai politik.

\\\"Kalau kita lihat organisasi yang ada di bawah bendera partai itu aman saja. Justru organisasi seperti kami yang akan dibatasi,\\\" ucap Frasisca dari Aliansi Masyarakat Sipil untuk Demokrasi.

Demonstrasi oleh massa Forum Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Aliansi Masyarakat Sipil untuk Demokrasi ini berlangsung tertib. Lalu lintas di lokasi lancar, sebab pendemo tidak memakan badan Jl Gatot Subroto.

Para pendemo berorasi sambil membentangkan spanduk yang bertuliskan \\\"Jangan pilih anggota Pansus RUU Ormas dalam Pemilu 2014. RUU Ormas adalah langkah mundur demokrasi. Tolak RUU Ormas yang mengkebiri gerakan buruh,\\\".

Sementara itu ratusan polisi terlihat bersiaga di balik gerbang DPR bagian dalam.

DPR hari ini menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan RUU Ormas. 8 Fraksi menyetujui RUU ini yaitu Partai Demokrat, Golkar, PDIP, PKS, PPP, PKB, Gerindra, dan Hanura. Sedang PAN menolak.




(slm/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed