Asap Pekat Kembali Selimuti Pekanbaru, Jarak Pandang 300 Meter

- detikNews
Selasa, 25 Jun 2013 07:46 WIB
Pekanbaru - Kebakaran hutan dan lahan di Riau masih terus berlangsung. Pagi ini Selasa (25/6/203) kota Pekanbaru kembali diselimuti asap pekat.

Kabut asap yang merupakan imbas kebakaran lahan ini membuat jarak pandang terbatas. Di wilayah Kecamatan Tampan, Pekanbaru jarak pandang sangat terbatas di bawah 300 meter.

Suasana kota tampak seperti mendung. Ini karena sinar matahari tidak dapat menembus tebalnya kabut asap. Namun aktivitas masyarakat tampak seperti biasa. Meski sebagian warga beraktivitas dengan sepeda motor menggunakan masker.

"Asap pekat ini sangat memedihkan mata kalau kita beraktivitas di luar rumah. Dada kita juga terasa sesak," keluh Rizal (36), warga Tampan.

Sementara itu, Satgas Tanggap Darurat di Pekanbaru saat ini memiliki 6 heli yang saban hari melakukan pemadaman kebakaran hutan.

Ke enam heli tersebut, 3 di antaranya milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), satu heli TNI AU dan 2 mendapat bantuan dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

"Hari ini enam heli tersebut tetap melakukan pemadaman disejumlah titik api. Namun kita akan fokus pada kawasan yang paling luas terbakar," kata Komandan Pangkalan TNI AU, Kol Andywan kepada detikcom.

(cha/trq)