19.474 Personel Polisi Amankan Demo BBM di Jakarta

- detikNews
Senin, 17 Jun 2013 07:26 WIB
Jakarta - Sebanyak 19.477 personel Kepolisian Daerah Metro Jaya dan jajaran Polres disiagakan untuk mengamankan kegiatan unjuk rasa penolakan kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) di beberapa titik pusat konsentrasi massa.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengatakan, 19.474 personel ini akan disebar di pusat konsentrasi massa di objek-objek vital, pusat perkantoran dan pemerintahan.

"Kita berharap agar demo dilakukan dengan tertib, tidak merusak fasilitas-fasilitas umum, atau mengganggu kepentingan umum, kepentingan pengguna jalan lainnya," kata Rikwanto, Senin (17/6/2013).

Adapun, massa terkonsentrasi di titik-titik seperti Monas depan Istana, gedung DPR/MPR RI, Bundaran Hotel Indonesia (HI), kantor Pertamina, kantor Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), kantor Direktorat Jenderal Pajak, Gedung RRI dan Bandara Soekarno-Hatta.

Personel polisi yang dilibatkan dalam pengamanan demo ini terdiri dari Satuan Brimob Polda Metro Jaya, Satuan Reserse, Satuan Intelijen dan Keamanan (Intelkam), Satuan Sabhara dan Satuan Lalu Lintas.

Adapun, estimasi massa yang akan mengikuti unjuk rasa ini mencapai 10.000 orang. Mereka terdiri dari unsur elemen mahasiswa, buruh dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Tema unjuk rasa sebagian besar mengenai penolakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

(mei/mok)