Polisi Amankan Truk Tangki 'Siluman' di Sejumlah SPBU di Pontianak

- detikNews
Sabtu, 15 Jun 2013 02:05 WIB
Pontianak, - Usman, sopir truk yang memuat 300 liter solar terlihat sibuk menelpon kesana-kemari saat berada di halaman Mapolresta Pontianak, Jumat (14/6/2013). Usman diamankan petugas Sabhara Polresta Pontianak.

Polresta Pontianak melakukan operasi untuk menghadapi kenaikan harga Bahan bakar Minyak bersubsidi. Usman ditangkap saat sedang antre di SPBU Jalan Merdeka Pontianak, sekitar pukul 17.00 wib.

"Saya cuma cari makan, ini ikut antrean saja di SPBU, tangki yang saya pakai memang ganda, toh selama ini tidak pernah ditangkap," keluh Usman saat ditemui detikcom di Polresta Pontianak.

Selain Usman, puluhan sopir truk terlihat berada mondar-mandir di kantor Polresta Pontianak. Tidak ada satupun petugas kepolisian yang melakukan pemeriksaan terhadap para sopir truk tangki 'siluman' ini. Sementara truk-truk hasil tangkapan terlihat terparkir di depan halaman Polresta Pontianak.

Truk-truk dengan tangki ganda ini bernomor polisi KB 8881 SL, KB 9036 QL, KB 9300 A,dan dua diantaranya bernomor polisi luar Kalbar seperti B 9414 CDA, dan D 9244 VA.

Truk-truk ini diamankan petugas saat digelar razia untuk mencegah aksi penyelewengan bahan bakar bersubsidi dan aksi penimbunan menjelang pengumuman pemerintah soal kenaikan harga bahan bakar minyak dalam waktu dekat ini.

Saat razia berlangsung, petugas sempat kesulitan mengiring truk-truk ini ke Polresta Pontianak karena dihalangi-halangi sekelompok pria yang biasa berada di sekitar SPBU. Namun setelah terus dilakukan negoisasi, akhirnya truk-truk bertangki ganda ini berhasil dibawa ke Polresta Pontianak. Diperkirakan jumlah minyak solar yang berhasil disita 1,5 ton.

Kapolresta Pontianak, AKBP Hariyanta yang dihubungi detikcom membenarkan adanya operasi penertiban antrean bahan bakar minyak jenis solar yang menggunakan tangki siluman atau tangki ganda.

"Masih kita data sekarang," kata Hariyanta singkat.

(mpr/mpr)