Ini Salah Satu Cara Membuktikan Ada Chip di Dalam e-KTP

Ini Salah Satu Cara Membuktikan Ada Chip di Dalam e-KTP

- detikNews
Selasa, 07 Mei 2013 14:50 WIB
Tes Chip E-KTP Pakai Ponsel Android (Rivki/detikcom)
Tes Chip E-KTP Pakai Ponsel Android (Rivki/detikcom)
Jakarta - Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan e-KTP yang beredar saat ini sudah memiliki chip. Masyarakat pun bisa membuktikan apakah e-KTP tersebut sudah memiliki chip dengan cara sederhana. Bagaimana triknya?

Dalam situs jejaring sosial YouTube, Selasa (7/5/2013), seorang user dengan nama Ahkmad Mulyanto mencoba membuktikan kebenaran chip tersebut lewat aplikasi dalam sebuah tablet. Caranya sangat mudah, dia hanya menempelkan e-KTP ke kamera tabletnya dan keluar berupa tulisan-tulisan yang menandakan kalau kartu itu memiliki chip.

detikcom pun mencoba membuktikan keberadaan chip dalam e-KTP. Caranya dengan menyiapkan ponsel dengan basis operasi Android, dan aplikas NFC Reader. Alhasil, saat kartu ditempelkan ke ponsel, keluarlah data-data terkait keberadaan chip tersebut.

Tulisan tersebut bertuliskan angka-angka dan Radio RFID (radio frequency identification). Namun tidak ada keterangan apa pun soal biodata si pemilik e-KTP. Dengan demikian keberadaan RFID bisa dibuktikan.

Mendagri Gamawan mengatakan kalau chip yang terdapat di e-KTP merupakan chip jenis contactless dan tidak nampak dari luar. "Chip yang di dalam itu namanya contactless, dan tidak muncul di luar," terangnya kepada detikcom.

Di situs e-KTP.com, ada penjelasan chip itu tidak nampak karena menggunakan Gelombang Radio RFID (radio frequency identification), sehingga e-KTP tidak harus persis menyentuh alat pembaca untuk bisa dibaca.

Gamawan membantah foto ilustrasi di situs Setkab.go.id yang menampilkan chip yang terlihat dari luar. Menurut Gamawan, gambar itu salah.






(rvk/mad)